• Monday, 07 October 2024

Debat Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil: Ketimpangan Gender Kuncinya Pendidikan

Debat Pilkada Jakarta 2024, Ridwan Kamil: Ketimpangan Gender Kuncinya Pendidikan
Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu Ridwan Kamil (kiri) dan Suswono (kanan) mengikuti debat pertama pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (6/10/2024). Debat perdana tersebut mengangkat tema penguatan SDM dan transformasi Jakarta menjadi Kota Global. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

SEAToday.com, Jakarta - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil mengatakan bahwa pendidikan menjadi kunci dalam langkah menangani ketimpangan gender yang masih terjadi di Jakarta. Hal ini disampaikannya dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024.

"Ketimpangan gender ini kuncinya adalah pendidikan," katanya di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Minggu, 6 Oktober 2024.

Ia melanjutkan bahwa, "Kita ada program bersama DPRD DKI sudah melakukan inisiatif, kita dukung sekolah gratis, tidak hanya di (sekolah) negeri, tapi juga (sekolah) swasta yang ditunjuk."

Kang Emil, begitu ia akrab disapa, juga menyebut program kedua, yakni sekolah perempuan untuk emak-emak atau ibu-ibu.

"Kita punya program sekolah perempuan buat emak-emak buat ibu-ibu nanti sekolahnya di balai RW kurikulumnya tentang ekonomi keluarga, keharmonisan keluarga, dan lain sebagainya," terangnya.

Selain itu, ia juga mempersiapkan kredit bagi ibu-ibu. "Kita ada kredit mesra tanpa bunga berbunga tanpa agunan daftar emak-emaknya cukup berlima inilah namanya kredit kelompok, satu masalah empat bertanggung jawab," katanya.

Ridwan mengatakan kombinasi dengan akses kemudahan berusaha, kombinasi dengan sekolah informal emak-emak dan sekolah gratis untuk perempuan di level formal akan meningkatkan kualitas indeks, sehingga ketimpangan gender bisa diselesaikan.

"Saya kira perempuan harus dilindungi. Perempuan harus memiliki kesetaraan dengan perlindungan oleh gubernur dan pemimpin Jakarta, " katanya.

Debat diikuti paslon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjadwalkan debat tahap dua dari calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta pada 27 Oktober 2024 dan debat ketiga pada 17 November 2024.

Share
News Update
Thousands of People Around the World Demonstrate to Support Palestine Ahead of October 7th Commemoration

Thousands of People Around the World Demonstrate to Support Palestine Ahead of October 7th Commemora...

Police Deploy 1,634 Personnel for First Jakarta Gubernatorial Deb...

The police deployed 1,634 of its personnel for the first Jakarta gubernatorial debate.

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showc...

The 79th Anniversary of the Indonesian National Armed Forces (TNI) falls on Saturday, (10/5/2024).

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

Trending