• Friday, 18 October 2024

Cek Fakta: Presiden Indonesia yang Kunjungi Kediri Bakal Lengser dari Jabatannya?

Cek Fakta: Presiden Indonesia yang Kunjungi Kediri Bakal Lengser dari Jabatannya?
Cek Fakta: Kediri dilarang didatangi Presiden di Indonesia? (Foto: LDII Kediri)

SEAToday.com, Kediri  – Salah satu kebiasaan yang dilakukan presiden di Indonesia adalah mengunjungi daerah-daerah untuk bertemu dengan masyarakat. Namun berkembang sebuah mitos presiden di Indonesia yang mengunjungi Kediri, Jawa Timur tak lama akan lengser setelah selesai berkunjung.

Memang bagi masyarakat yang mempercayai bahwa sejumlah presiden yang pernah menjabat di Indonesia pernah mengalaminya. Mereka adalah presiden pertama Soekarno, presiden ke-3 BJ Habibie, dan presiden ke-4 Abdurrahmah Wahid alias Gus Dur

Dalam penjelasannya seorang pengamat ilmu sejarah dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga Surabaya mengatakan hal itu adalah mitos dan jadi kepercayaan masyarakat di Kediri selama bertahun-tahun dari dulu sampai sekarang.

Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun belum pernah mendatangi Kediri selama jadi Presiden sejak tahun 2014 lalu. Salah satu menteri di Kabinet Indonesia Bersatu pernah menjelaskan ada pihak yang memang melarang Jokowi untuk datang ke Kediri.

Mitos larangan presiden datang ke  Kediri memang terbantahkan ketika presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah berkunung ke Kediri bahkan dilakukan sebanyak dua kali, masing-masing tahun 2007 dan 2014 jelang masa jabatannya berakhir sebagai presiden. Kala itu SBY mengunjungi korban letusan Gunung Kelud.

Menurut informasi yang beredar selain Kediri sebenarnya ada dua daerah lain di Indonesia yang mitosnya dilarang didatangi presiden yakni Bojonegoro di Jawa Timur dan Kudus, Jawa Tengah.

 Di Bojonegoro mitos ini berawal dimana orang-orang percaya bahwa ketika dua kerajaan sedang berperang: “barang siapa yang lebih dulu menyeberangi Bengawan Solo (sungai-red) yang masuk wilayah Bojonegoro maka mereka akan mengalami kekalahan.

Sementara larangan Kudus dikunjungi presiden karena mitos Sunan Kudus yang merupakan Wali Songo memasang Rajah Kalacakra di gerbang masuk masjid Kudus.

Kabarnya benda itu bisa hilangkan kekuatan orang yang melewatinya, termasuk presiden yang akan hilang atau lengser jabatannya. Presiden yang pernah datang ke Kudus adalah Gus Dur dan SBY.

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending