• Sunday, 06 October 2024

Ini Tugas Ridwan Kamil Sebagai Kurator di IKN

Ini Tugas Ridwan Kamil Sebagai Kurator di IKN
Tugas Ridwan Kamil sebagai kurator di Ibu Kota Nusantara (IKN) (Foto: Pemerintah Provinsi Jawa Barat)

 

SEAToday.com, Samarinda – Sejak bulan Desember 2023 silam mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi kurator Ibu Kota Nusantara (IKN). Pria yang akrab disapa Emil ini tentu mengemban tugas yang tak mudah karena memastikan apa yang direncanakan sesuai dengan praktik di lapangan.

Memiliki latar belakang sebagai arsitek, tentu menjadi kurator bisa dijalani Emil dengan baik. Kepada wartawan saat memberikan keterangan, mantan Wali Kota Bandung ini mengatakan tugas sebagai kurator di IKN juga memberikan masukan dalam pembangunan Kota Nusantara.

“Apa tugas kurator IKN? Tugasnya memastikan antara cita-cita dengan praktik di lapangan itu nyambung. Jadi saya dibayar untuk komen, kemiringan, ini kurang hijau, ini kurang itu, jadi itu tugas curator,” imbuh Emil beberapa waktu lalu.

Sebagai kurator di IKN, Emil juga harus rajin-rajin mengunjungi pembangunan Kota Nusantara. Termasuk akhir-akhir ini jelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-79 akan berpusat di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Melansir Antara, Emil menjelaskan bahwa kawasan inti IKN yang luasanya sama dengan kawasan Monumen Nasional (Monas) akan selesai pada Agustus sehingga bisa dipakai untuk acara HUT Kemerdekaan RI.

“Disebut selesai itu berarti istana negara dan bangunan di sekelilingnya. Jadi, jangan salah kaprah ya menganggap IKN beres semuanya, itu puluhan tahun, tetapi kawasan intinya segede Monas ini inSya-Allah selesai,” bilang Emil.

“Istana Presiden saya periksa, ruang kayak Monas-nya, alun-alunnya gitu ya, saya juga periksa bangunan-bangunan di sekelilingnya. Tinggal air di-connect (dihubungkan) dari danau, harusnya suplai air bisa terkendali ya,” papar Emil.

Bahkan untuk sama-sama melihat perkembangan di IKN sudah sejauh mana, Emil mengajak masyarakat untuk datang langsung ke IKN melihat kondisi terkini, jadi tak hanya mendapat informasi dari pemberitaan saja.

Terkait rencana penghentian sementara proyek di IKN jelang HUT RI nanti, Emil mengatakan hal itu bisa dilakukan karena untuk persiapan banyak hal termasuk latihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

“Persiapan 17 Agustus itu kan si paskibraka harus latihan baris-berbaris kan. Keamanan upacara ini kalau masih banyak keramaian-keramaian kan mengganggu sirkulasi dan sebagainya,” pungkas Emil.

 

 

Share
News Update
Thousands of People Around the World Demonstrate to Support Palestine Ahead of October 7th Commemoration

Thousands of People Around the World Demonstrate to Support Palestine Ahead of October 7th Commemora...

Police Deploy 1,634 Personnel for First Jakarta Gubernatorial Deb...

The police deployed 1,634 of its personnel for the first Jakarta gubernatorial debate.

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showc...

The 79th Anniversary of the Indonesian National Armed Forces (TNI) falls on Saturday, (10/5/2024).

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

Trending