• Thursday, 17 October 2024

Nama Unik 6 Cucu Jokowi, dari Jan Ethes hingga Bebingah Sang Tansahayu

Nama Unik 6 Cucu Jokowi, dari Jan Ethes hingga Bebingah Sang Tansahayu
Presiden Joko Widodo bersama kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra serta La Lembah Manah memanfaatkan libur akhir pekan dengan mengunjungi kawasan wisata Solo Safari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Minggu, 23 Juni 2024. Foto: BPMI Setpres/Vico

SEAToday.com, Jakarta - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menyambut kelahiran anak pertama mereka pada Selasa, 15 Oktober 2024. Buah hati pasangan yang menikah pada 10 Desember 2022 ini lahir di RSU Bunda, Menteng, Jakarta dengan berat 3,4 kg.

"Alhamdulillah hari ini tanggal 15 Oktober 2024 telah lahir anak kami, saya dengan Erina dengan selamat dan sehat sekali alhamdulillah," kata Kaesang di RSU Bunda Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024.

Erina Gudono melahirkan lewat operasi caesar. Cucu keenam Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana ini dinamai Bebingah Sang Tansahayu.

"Bebingah itu yang membuat bahagia. Sang Tansahayu itu dialah yang selalu cantik dalam tutur kata, paras, semuanya lah," kata Kaesang.

Cucu-cucu Jokowi dan Iriana dikenal memiliki nama unik dan terdiri atas tiga suku kata. Dua cucu dari anak pertama Jokowi, Gibran Rakabuming-Selvi Ananda adalah Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Sedangkan, tiga cucu lainnya dari anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu bersama Bobby Nasution, yakni Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution.

1. Jan Ethes Srinarendra

Jan Ethes Srinarendra adalah cucu pertama Jokowi dan Iriana. Lahir pada 10 Maret 2016, Jan Ethes adalah anak pertama Gibran-Selvi.

Namanya diambil dari bahasa Jawa, yakni Jan artinya sangat, Ethes berarti cekatan, serta Srinarendra adalah pemimpin yang cerdas.

2. Sedah Mirah Nasution

Cucu kedua Jokowi dan Iriana, yakni Sedah Mirah Nasution yang lahir 1 Agustus 2018 di Jakarta. Sedah Mirah adalah anak pertama dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

Namanya juga diambil dari bahasa Jawa. Sedah Mirah berarti menawan, salihah, dan dermawan. Sementara, Nasution adalah marga dari sang ayah.

3. La Lembah Manah

La Lembah Manah adalah cucu ketiga Jokowi yang lahir pada 15 November 2019. Anak kedua Gibran dan Selvi ini lahir di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Lembah Manah sendiri berarti rendah hati. Sedangkan, La-nya adalah singkatan yang diambil dari bahasa Jawa, yakni luwes anakku, lomo anakku. Luwes bermakna fleksibel, cepat beradaptasi, dan lomo bermakna senang berbagi.

4. Panembahan Al Nahyan Nasution

Panembahan Al Nahyan Nasution adalah cucu keempat Jokowi. Anak kedua Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution ini lahir pada 3 Agustus 2020 di RS YPK Mandiri.

Menurut KBBI Kemdikbud, Panembahan berarti raja (gelar kebangsawanan), Al Nahyan dalam bahasa Arab berarti bijak, dan Nasution adalah marga dari sang ayah.

5. Panembahan Al Saud Nasution

Cucu kelima Jokowi, yakni Panembahan Al Saud Nasution. Anak ketiga Kahiyang dan Bobby ini lahir pada 25 Agustus 2022 di Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Jakarta Selatan.

Kahiyang Ayu menyampaikan bahwa nama tersebut memiliki arti yang baik bagi sang anak. Sementara, Al Saud berasal dari bahasa Arab. Saud dapat diartikan sebagai 'beruntung' dan 'yang bahagia.'

6. Bebingah Sang Tansahayu

Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep yang menikah dengan Erina Gudono, dikaruniai buah hati pertama bernama Bebingah Sang Tansahayu.

Cucu keenam Jokowi ini lahir pada Selasa, 15 Oktober 2024.

"Bebingah itu yang membuat bahagia. Sang Tansahayu itu dialah yang selalu cantik dalam tutur kata, paras, semuanya lah," kata Kaesang di RSU Bunda Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024.

Share
News Update
UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Take Note to Plan Your Holiday! The following is All 2025 Holiday...

The government has officially set 27 public holidays and collective leave in 2025 which are intended as guidelines for the public and ministries/institutions (K/L) and local governments (pemda) to carry out work programs...

Trending