• Tuesday, 22 October 2024

Profil Ni Luh Puspa, Dulunya Presenter TV Kini Jadi Wamen Pariwisata

Profil Ni Luh Puspa, Dulunya Presenter TV Kini Jadi Wamen Pariwisata
Ni Luh Puspa ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata dalam kabinet Merah Putih. (dok: Instagram/@niluhpuspa)

SEAToday.com, Jakarta - Ni Luh Puspa atau yang memiliki nama asli Ni Luh Enik Ermawati ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata pada kabinet Merah Putih era pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Ni Luh Enik Ermawati, Wakil Menteri Pariwisata," kata Prabowo saat mengumumkan di Istana Kepresidenan, Senin (20/10/2024).

Ni Luh Puspa sendiri sosok yang mengawali kariernya dengan bekerja di bidang jurnalistik. 

Profil Ni Luh Puspa

Ni Luh Puspa merupakan sosok perempuan yang lahir di Singaraja, Bali pada 1986. Ia merupakan anak pertama yang berasal dari keluarga sederhana. 

Ketika masih bayi berusia 3 bulan, keluarganya mengikuti program transmigrasi ke Sulawesi. Namun, saat Ni Luh Puspa berusia 7 tahun, keluarganya kembali ke Bali.

Ia sendiri merupakan anak pertama dari tiga bersaudara yang tumbuh besar dalam asuhan kakek dan neneknya.

Sebelum berkuliah dan menjadi presenter, Ni Luh sempat menjalani sejumlah pekerjaan di berbagai bidang. Ketika menempuh sekolah menengah atas (SMA), Ni Luh sambil kerja sebagai asisten rumah tangga (ART). Ia memilih bekerja daripada mengambil beasiswa kuliah demi membantu sekolah adik.

Tidak hanya itu, ia juga pernah menjadi sales keliling dan cleaning service. Kemudian, lanjut menabung hingga bisa kuliah dan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Ia juga sempat berpindah-pindah kota, dari Denpasar, Surabaya, hingga Makassar.

Perempuan asal Bali ini tidak langsung berkuliah ketika lulus dari SMA. Ia baru berkuliah ketika umurnya mencapai 24 tahun. Berdasarkan profil Instagram pribadinya, diketahui Ni Luh merupakan lulusan STIE Nobel Indonesia di Makassar yang lulus pada tahun 2016.

Perjalanan Karier Jurnalistik

Perjalanan karier Ni Luh di dunia jurnalistik dimulai pada tahun 2010 ketika ia magang di sebuah radio lokal Makassar. Selama bekerja di sana, ia diberi bekal ilmu oleh Sastrawan yang bernama Asdar Muis.

Pada tahun 2012, Ia pindah ke Sun TV Makassar. Saat itu, ia bekerja sebagai presenter sembari berkuliah. Ni Luh sempat bekerja di dua tempat yang berbeda. Selain di Sun TV, ia bekerja di Tabloid Bisnis Sulawesi pada tahun yang sama.

Ia kemudian sempat menjadi presenter cadangan di RCTI Makassar walau masih bekerja untuk Sun TV. Hingga akhirnya, Ni Luh memilih rehat dari karier presenternya pada tahun 2015.

Berlanjut pada tahun 2018, Ni Luh berhasil lolos dan bergabung bersama Kompas TV. Bahkan, ia memiliki sebuah program dengan namanya sendiri, yaitu NI LUH.

Program ini berkonsep liputan investigasi terkait peristiwa-peristiwa yang sedang hangat dibicarakan, baik itu isu politik, hukum, ekonomi, hingga budaya.

Mendadak Jadi Wamen

Ni Luh mengaku, tawaran menjadi Wamen datang mendadak sehingga ia melewati panggilan di kediaman Prabowo, Presiden Republik Indonesia. 

Ia mengaku dihubungi mendadak oleh ajudan Prabowo, Mayor Teddy, sehari sebelum acara pembekalan.

Share
News Update
Prabowo Appoints Luhut Binsar Pandjaitan as Chairman of National Economic Council

Prabowo Appoints Luhut Binsar Pandjaitan as Chairman of National Economic Council

UNIFIL: Israeli Forces Destroy Watchtower in South Lebanon

The UN peacekeeping force in south Lebanon announced on Sunday (20/10), an Israeli military bulldozer deliberately destroyed one of their watchtowers and perimeter fences in the Tyre district of south Lebanon.

The List of Ministers in Prabowo-Gibran's Red and White Cabinet

President Prabowo Subianto announced the composition of his cabinet named the Merah Putih Cabinet as well as the names of ministers in his government cabinet at the Presidential Palace, Jakarta, Sunday, October 20, 2024...

Prabowo Announces The Name of His Cabinet as the Red and White Ca...

With the agreement of the general heads of our coalition, we name this cabinet the Merah Putih Cabinet and I would like to announce the composition of the 2024 Merah Putih Cabinet,” President Prabowo said.

Official Portraits of President Prabowo Subianto, VP Gibran Rakab...

The official portraits of Indonesia's President and VP for 2024-2029 have been released by the Indonesian Government.

Trending