• Friday, 18 October 2024

Selain Gibran, Ini 4 Wakil Presiden Termuda di Indonesia

Selain Gibran, Ini 4 Wakil Presiden Termuda di Indonesia
KPU Menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raja Pemenang Pilpres 2024 (Instagram @prabowo)

SEAToday.com, Jakarta – Gibran Rakabuming Raka akan menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia termuda sepanjang sejarah di Indonesia. Pada 20 Oktober 2024 mendatang, Gibran akan dilantik dan mengucap sumpah jabatan dalam usia 37 tahun.

Sebelum Gibran, sebenarnya masih ada beberapa wakil presiden (wapres) yang masih muda karena belum menginjak usia 60 tahun saat menjabat sebagai wapres. Siapa saja wapres-wapres termuda yang pernah ada di Indonesia?

1.Mohammad Hatta

Mohammad Hatta adalah wapres pertama di Indonesia. Hatta yang berasal dari Sumatera Barat menjadi wapres dalam usia 43 tahun ketika mendampingi Soekarno sebagai presiden. Hatta menjadi wapres dari tahun 1945 – 1956 (11 tahun).

2.Megawati Soekarnoputri

Wapres yang usianya terbilang cukup muda adalah Megawati Soekarnoputri. Kala itu Megawati menjadi wapres saat usianya 52 tahun. Ia menjadi wapres mendampingi presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pada tahun 1999-2001.

Namun pada tahun 2001 Gus Dur diberhentikan sebagai presiden. Posisi Megawati yang tadinya wapres naik menjadi presiden dari tahun 2001-2004. Ia berpasangan dengan Hamzah Haz yang menjadi wapres Megawati.

3.Try Sutrisno

Karier Try Sutrisno cukup mentereng. Sebelum jadi wapres, Try adalah petinggi di TNI Angkatan Darat dan pernah menjadi Panglima TNI atau Panglima ABRI pada zaman orde baru. Dia menjadi wapres pada usia 58 tahun. Try menjadi wapres dari tahun 1993-1998.

4.Umar Wirahadikusumah

Dan satu lagi sosok wapres termuda yang pernah ada di Indonesia yakni Umar Wirahadikusumah. Umar menjadi wapres pada tahun 1983 – 1988. Ia mendampingi Presiden Soeharto selama lima tahun. Saat menjadi wapres, Umar berusia 58 tahun.

Jika nanti Gibran akan jadi wapres termuda, Ma’ruf Amin adalah wapres paling tua di Indonesia. Saat dilantik tahun 2019 untuk mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ma’ruf berusia 76 tahun.

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending