• Sunday, 06 October 2024

Rangkaian Defile Pasukan AD, AL, dan AU Meriahkan HUT TNI ke-79 Tahun

Rangkaian Defile Pasukan AD, AL, dan AU Meriahkan HUT TNI ke-79 Tahun
HUT TNI ke-79 tahun semakin meriah dengan prosesi defile pasukan dari tiga matra TNI (Foto: Tangkapan Layar YouTube SEA Today News)

SEAToday.com, Jakarta –  Upacara peringatan HUT TNI ke-79 tahun diakhiri dengan rangkaian defile pasukan dan alutsista TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) , dan Angkatan Udara (AU). Komandan defile adalah Marsekal Muda Mohammad  Nurdin. Berikut rangkaian defile pasukan yang berlangsung di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

1.Detasemen Kavaleri Berkuda

Pasukan Detasemen Kavaleri Berkuda membawa 55 pasukan berkuda sebagai pembawa lambang panji TNI serta kesatuan TNI AD,AL, dan AU. Beberapa pasukan juga sempat melakukan atraksi saat melawan musuh dengan senjata seperti pedang dan busur panah.

2.Drumband Taruna TNI

Setelah Detasemen Kavaleri Berkuda, disusul Drumband Taruna TNI AD, AL, dan AU. Pasukan drumband memberikan penghormatan kepada Presiden Jokowi. Pasukan ini sudah sering tampil di dalam dan luar negeri serta memberikan prestasi membanggakan.

3. Polisi Militer

Ratusan pasukan Polisi Militer melakukan defile. Tugas pasukan ini membantu Panglima TNI dalam menentukan kebijakan, menjalani fungsi polisi di militer, dan mendukung tugas pokok TNI.

4. Taruna Akademi Militer

Selanjutnya Taruna Akademi Militer berjalan melakukan defile. Taruna Akademi Militer AD,AL,dan AU adalah pencetak generasi TNI di masa depan.

5. Korps Wanita TNI

Gabungan Korps Wanita TNI AD, AL, dan AU menjalani defile. Srikandi dari tiga matra TNI adalah prajurit handal dalam mendukung pertahanan tangguh untuk Indonesia Maju.

6. Pasukan TNI AD

Beberapa pasukan TNI AD melakukan defile. Diawali oleh Kopassus yang bagian dari komando utama TNI AD. Kopassus juga memiliki kemampuan dalam menanggulangi terorisme.

Lalu ada paskukan Kostrad yang menjadi bagian dari TNI AD dan diikuti Batalyon Mekanis Infanteri yang dibekali kendaraan lapis baja dalam bertempur.

7.Pasukan TNI AL

Pasukan TNI AL terdiri dari Koarmada AL yang melakukan operasi pertahanan di laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI. Lalu ada pasukan Kolinlamil yang memiliki tugas pokok dalam membina militer angkatan laut, angkatan nasional dalam menunjang pembangunan nasional.

Dan satu lagi yakni pasukan Korps Marinir AL yang menjaga pertahanan negara, melakukan operasi militer di laut dan pinggir pantai.

8.Pasukan TNI AU

Pasukan TNI AU beberapa yang ikut menjalani defile adalah Air Crew AU yang menjadi penerbang pesawat tempur, pesawat angkut, dan helikopter.

Juga ada Kopasgat yang jadi pasukan khusus TNI AU yang menjaga pertahanan lewat udara dan darat. Pasukan TNI AU menjalani Swa Bhuwana Paksa yakni  ajaran dan sekaligus lambang TNI Angkatan Udara. Nilai-nilai juang TNI Angkatan Udara yang dimanifestasikan dalam bentuk lambang TNI Angkatan Udara Swa Bhuwana Paksa memiliki kandungan makna sebagai sayap tanah air Indonesia. Lambang tersebut sekaligus menyatakan, bahwa TNI Angkatan Udara merupakan payung yang melindungi seluruh wilayah kedaulatan Indonesia dan mengangkat harkat martabat bangsa serta bertekad membangunnya untuk menjadi Indonesia yang jaya di udara.

9.Komponen Cadangan TNI AD,AL, AU

Dan rangkaian pasukan defile ditutup oleh pasukan Komponen Cadangan TNI AD,AL, dan AU . Setelah proses defile pasukan selesai dilanjutkan dengan defile alutsista TNI AD,AL, dan AU.

 

 

Share
News Update
Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

47 Tigers in Vietnam Zoos Die from Bird Flu

On Wednesday (2/10), state media said that 47 tigers, three lions and a panther have died in zoos in south Vietnam due to the H5N1 bird flu virus.

MotoGP Mandalika 2024: InJourney Records Over 120,000 Attendees

The Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 held at the Pertamina Mandalika International Circuit recorded more than 120,000 visitors.

Trending