• Sunday, 06 October 2024

Israel Memperluas Pengebomannya di Lebanon, Ribuan Orang Mengungsi

Israel Memperluas Pengebomannya di Lebanon, Ribuan Orang Mengungsi
Kepulan asap akibat serangan Israel di Beirut, Lebanon. (AP)

SEAToday.com, Masnaa - Sejumlah ledakan hebat mengguncang pinggiran selatan Beirut pada Sabtu (5/10) malam. Aksi ini menjadi penanda Israel memperluas pembomannya di Lebanon, yang juga menghantam sebuah kamp pengungsi Palestina di bagian utara untuk pertama kalinya. Mereka mengklaim serangan ini menargetkan para pejuang Hizbullah dan Hamas.

Akibatnya, ribuan orang di Lebanon, termasuk para pengungsi Palestina, mengungsi, lar dari konflik yang terus meluas. 

Ledakan hebat mulai terjadi menjelang tengah malam dan berlanjut hingga Minggu (6/10). Pihak militer Israel mendesak warga untuk mengevakuasi diri dari daerah-daerah di Dahiyeh di pinggiran selatan Beirut. Ledakan-ledakan itu terjadi setelah serangan sporadis dan dengungan pesawat tak berawak yang hampir terus menerus.

Militer Israel mengonfirmasi bahwa mereka telah menyerang target-target di dekat Beirut dan mengatakan bahwa sekitar 30 proyektil telah menyeberang dari Lebanon ke wilayah Israel, dan beberapa di antaranya berhasil dihadang.

Serangan-serangan tersebut dilaporkan menargetkan sebuah bangunan di dekat jalan menuju satu-satunya bandara internasional Lebanon, dan sebuah bangunan lain yang sebelumnya digunakan oleh lembaga penyiaran yang dikelola Hizbullah, Al-Manar.

Pada hari Sabtu (5/10), serangan Israel di kamp Beddawi utara menewaskan seorang pejabat sayap militer Hamas beserta istri dan dua putrinya yang masih kecil, ungkap kelompok militan Palestina tersebut.

Sedikitnya 1.400 warga Lebanon, termasuk warga sipil, petugas medis dan pejuang Hizbullah, terbunuh sementara 1,2 juta lainnya terusir dari rumah mereka dalam waktu kurang dari dua minggu. Israel mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk mengusir kelompok militan tersebut dari perbatasan bersama sehingga warga Israel yang mengungsi dapat kembali ke rumah mereka.

Hizbullah yang didukung Iran, angkatan bersenjata terkuat di Lebanon, mulai menembakkan roket ke Israel pada 7 Oktober, dan menyebutnya sebagai bentuk dukungan kepada Palestina.

Share
News Update
Thousands of People Around the World Demonstrate to Support Palestine Ahead of October 7th Commemoration

Thousands of People Around the World Demonstrate to Support Palestine Ahead of October 7th Commemora...

Police Deploy 1,634 Personnel for First Jakarta Gubernatorial Deb...

The police deployed 1,634 of its personnel for the first Jakarta gubernatorial debate.

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showc...

The 79th Anniversary of the Indonesian National Armed Forces (TNI) falls on Saturday, (10/5/2024).

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

Trending