• Tuesday, 22 October 2024

Pesona Dyah Roro Esti, Wamen Termuda di Kabinet Merah Putih yang Berusia 29 Tahun

Pesona Dyah Roro Esti, Wamen Termuda di Kabinet Merah Putih yang Berusia 29 Tahun
Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan di Kabinet Merah Putih, Dyah Roro Esti (Sumber Foto: Instagram @dyahroroestiwp)

SEAToday.com, Jakarta – Dyah Roro Esti merupakan Wakil  Menteri (wamen) termuda dalam Kabinet Merah Putih. Presiden Prabowo Subianto melantik Dyah menjadi Wamen Perdagangan periode 2024-2029, di Istana Kepresidenan pada Senin (21/10) lalu.

Dyah pertama kali diumumkan oleh Prabowo sebagai Wamen Perdagangan. Saat pengumuman penampilannya mencuri perhatian. Dyah mengenakan batik warna cokelat dan kerudung putih. Wajahnya yang masih muda, Dyah berdiri bersampingan dengan calon wamen lainnya malam itu.

Dyah lahir pada 25 Mei 1993. Saat ini ia masih berusia 29 tahun. Sebelum menjadi wamen, Dyah adalah anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Fraksi Partai Golkar. Selama lima tahun menjadi wakil rakyat, Dyah berada di Komisi VII yang membidangi energi, riset, teknologi, dan industri.

Saat mulai menjadi anggota DPR, Dyah baru berusia 24 tahun. Ia pun masuk dalam jajaran anggpta DPR termuda pada waktu itu. Dyah dikenal memiliki kecerdasan karena pernah menerima beasiswa penuh LPDP PK-41 dari Kementerian Keuangan Indonesia dan berhasil meraih gelar MSc dalam Teknologi Lingkungan dengan fokus pada Manajemen Polusi dari Imperial College London.

Lulusan dari Universitas Manchester Inggris dan  kursus pascasarjana di Universitas Harvard dianggap Prabowo layak menjadi seorang wamen dengan banyak pengalaman organisasi yang dimilki.

Seperti menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) pada tahun 2022, Ketua GKSB Peru-Indonesia serta Bendahara Umum Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR). Ia juga aktif sebagai Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar.

Dyah juga pernah menerima MKD Award dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), sebuah penghargaan yang diberikan kepada anggota dewan yang dianggap memiliki etika yang tinggi dalam menjalankan tugas dan fungsinya serta dalam menyuarakan aspirasi masyarakat.

Kini tugas baru diemban oleh Dyah yang akan bersama-sama dengan Budi Santoso, Menteri Perdagangan untuk mengurus soal perdagangan di Indonesia termasuk ekspor dan impor, hubungan dagang dengan luar negeri, hingga menjaga stabilitas harga bahan pokok.

Melansir dari akun Instagram pribadinya, Dyah pun mengunggah postingan saat ia diumumkan Prabowo menjadi wamen. “Bismillah ya Allah,” tulisnya. Banyak netizen langsung mengucapkan selamat atas tugas barunya. “Selamat dan sukses anak muda. Kl di esdm lbh menyala pastinya,” tulis seorang netizen.

 

 

 

Share
News Update
Prabowo Appoints Luhut Binsar Pandjaitan as Chairman of National Economic Council

Prabowo Appoints Luhut Binsar Pandjaitan as Chairman of National Economic Council

UNIFIL: Israeli Forces Destroy Watchtower in South Lebanon

The UN peacekeeping force in south Lebanon announced on Sunday (20/10), an Israeli military bulldozer deliberately destroyed one of their watchtowers and perimeter fences in the Tyre district of south Lebanon.

The List of Ministers in Prabowo-Gibran's Red and White Cabinet

President Prabowo Subianto announced the composition of his cabinet named the Merah Putih Cabinet as well as the names of ministers in his government cabinet at the Presidential Palace, Jakarta, Sunday, October 20, 2024...

Prabowo Announces The Name of His Cabinet as the Red and White Ca...

With the agreement of the general heads of our coalition, we name this cabinet the Merah Putih Cabinet and I would like to announce the composition of the 2024 Merah Putih Cabinet,” President Prabowo said.

Official Portraits of President Prabowo Subianto, VP Gibran Rakab...

The official portraits of Indonesia's President and VP for 2024-2029 have been released by the Indonesian Government.

Trending