• Friday, 18 October 2024

Apa Saja Prestasi Prabowo Subianto Sebagai Menteri Pertahanan? Ini Daftarnya

Apa Saja Prestasi Prabowo Subianto Sebagai Menteri Pertahanan? Ini Daftarnya
Prabowo Subianto mencetak banyak prestasi selama menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) (Sumber Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/nz/aa)

SEAToday.com, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto pada 20 Oktober 2024 akan dilantik menjadi Presiden RI periode 2024-2029. Selama hampir 5 tahun menjadi Menhan sudah banyak prestasi yang dicapai oleh Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Presiden Jokowi rasanya tak salah menunjuk Prabowo masuk ke dalam pemerintahan dan memerintahkan untuk mengurus Kementerian Pertahanan sejak 2019 lalu. Prabowo menjalani tugas dengan baik.

Hal itu pernah diungkap oleh Prabowo setelah menjalani debat calon presiden dan calon wakil presiden jelang Pemilu 2024 lalu di Jakarta. Saat itu Prabowo menyebut Kementerian Pertahanan mengalami kemajuan ketika ia menjabat sebagai Menhan.

“Saya kira prestasi Kemhan sangat jelas di bawah kepemimpinan saya. Industri pertahanan kita, di dalam negeri, mendapat kontrak paling besar selama sejarah Republik Indonesia, mendekati 11 miliar dolar AS,” ucap Prabowo, dilansir Antara.

Prabowo menambahkan selama menjadi Menhan berhasil membangun 25 rumah sakit di seluruh Indonesia. “Kita bangun empat fakultas di bidang sains, teknologi, engineering, matematika, fisika, kimia, biologi di Universitas Pertahanan,” tegas Prabowo.

Tentu saja masih banyak prestasi atau pencapaian yang dilakukan Prabowo selama menjadi Menhan. Dilansir dari berbagai sumber, ini beberapa prestasi yang berhasil dilakukan Prabowo sebagai Menhan.

1.Membentuk Komponen Cadangan

Prabowo membentuk Komponen Cadangan atau KOMCAD dalam upaya meningkatkan kesiapsaigaan dan kekuatan cadangan Indonesia. KOMCAD dibentuk Prabowo setelah ia menjadi Menhan.

2.Industri Pertahanan Maju Pesat

Seperti sudah diungkap Prabowo bahwa industri pertahanan maju pesat. Terbukti dengan penguatan PT Pindad untuk memproduksi alutsista untuk keperluan pertahanan Indonesia, misalnya produksi mobil taktis Maung yang viral beberapa waktu silam. Prabowo pun membeli banyak alutsista baru untuk keperluan TNI dalam jalani tugasnya.

3.Kualitas Pendidikan dan Pembangunan Sekolah Militer

Kualitas pendidikan dan pembangunan sekolah militer di Indonesia mengalami perubahan yang baik di tangan Prabowo sebagai menhan. Sebut saja seperti Sekolah Taruna Nusantara hingga Universitas Pertahanan.

4.Membangun Fasilitas Kesehatan dan Sumber Air

Sebagai menhan, Prabowo membangun 25 rumah sakit TNI dengan dilengkapi dengan fasilitas lengkap, misalnya RS Jenderal Sudirman yang berada di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Prabowo juga membantu satgas untuk mencari 100 sumber mata air baru guna cegah kekeringan di Indonesia.

5.Membangun Ketahanan Pangan

Prabowo mendapat tugas dari Jokowi untuk membantu adanya ketahanan pangan di Indonesia. Prabowo kemudian membangun lumbung pangan di Kalimantan Tengah dan terus meminta semua pihak terkait untuk mencari solusi mencegah adanya krisis pangan di Indonesia bahkan di dunia.

Memang masih banyak prestasi yang dicapai Prabowo sebagai menhan yang tidak tertulis dalam tulisan ini. Semoga saat jadi presiden, Prabowo bisa membawa perubahan lebih baik lagi untuk Indonesia.

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending