• Wednesday, 22 May 2024

Erick Thohir Dukung Pengembangan UMKM Daerah Lewat Karya Nyata Fest Vol.6

Erick Thohir Dukung Pengembangan UMKM Daerah Lewat Karya Nyata Fest Vol.6
Karya Nyata Fest Vol. 6 (dok. Pertamina)

SEAToday.com, Pekanbaru-Menteri BUMN Erick Thohir tiada henti menunjukkan dukungannya pada pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah. Salah satunya terwujud lewat gelaran Karya Nyata Fest Vol. 6 yang dihelat pada 26 April hingga 28 April 2024 di Lapangan Aerosport, Pekanbaru, Riau.

Acara kerja sama Kementerian BUMN dan PT Pertamina (Persero) tersebut berhasil mencatat rekor total pengunjung sekitar 30.000 orang. Jumlah tersebut jadi yang terbanyak di antara Karya Nyata Fest sebelumnya.

Selain itu, acara ini juga turut menggandeng total 105 peserta UMKM binaan 25 BUMN yang terdiri dari makanan dan minuman, craft, serta fesyen dengan menghasilkan total transaksi sebesar Rp668 juta. Ini jadi wujud Erick Thohir turut mendorong pergerakan roda ekonomi daerah melalui pembinaan UMKM.

"Diharapkan dengan adanya acara seperti ini, UMKM menjadi punya tempat untuk bisa menampilkan produknya sehingga bisa dikenal dan dibeli. Dipayungi juga oleh Rumah BUMN Pekanbaru, harapannya UMKM lokal dapat maju sehingga berpengaruh juga untuk memajukan ekonomi Indonesia," kata Erick Thohir melalui staf khususnya, Arya Sinulingga sebagai perwakilan Kementerian BUMN dalam keterangan resminya.

Karya Nyata Fest Vol.6 Pekanbaru ini tak hanya diramaikan dengan penjualan produk UMKM, tetapi juga menghadirkan ragam acara menarik dan melibatkan masyarakat Pekanbaru dari segala usia.

Beberapa agenda tersebut meliputi rangkaian pertandingan futsal tingkat SMA, berbagai talkshow mengenai entrepreneurship dan social media marketing, kompetisi cosplay, robotic show, kompetisi kopi, mobile legend, hiburan band lokal. Acara puncak dimeriahkan dengan penampilan dari Rony Parulian dan Diskoplo.

Ada pula business matching yang merupakan kerja sama antara UMKM Riau dengan Malaysia, menjadikan acara ini sebagai Karya Nyata Fest pertama yang berskala internasional.

Turut menghadiri acara ini yaitu perwakilan dari Kementerian BUMN, Asisten Deputi SDM & TI Kementerian BUMN bid. TjSL, Edi Eko Cahyono, VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, Direktur Eksekutif forum TJSL BUMN, I Gede Arimbawa, Kepala Bappeda Riau, Emri Juliharnis, serta seluruh CEO/CFO Muda Rumah BUMN di Indonesia.

Perhelatan Karya Nyata Fest yang merupakan ajang unjuk gigi bagi UMKM daerah di Indonesia yang diusung oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan BUMN melalui Rumah BUMN ini akan terus berlanjut di kota-kota berikutnya. Pekanbaru menjadi kota ke-6 setelah sebelumnya digelar di Tangerang, Padang, Medan, Jambi, dan Bangka Belitung.

Selanjutnya acara ini akan dilaksanakan di Aceh. Dengan semangat kolaborasi, Karya Nyata Fest telah berhasil menciptakan momentum positif bagi pengembangan UMKM dan pertumbuhan ekonomi daerah, kali ini khususnya di Pekanbaru. Diharapkan melalui kegiatan selanjutnya, Karya Nyata Fest dapat kembali meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan merangsang pengembangan UMKM di daerah-daerah Indonesia.

Share
Trending
Popular Post

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition W...

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition Warehouse

Japan Firms Walked Out of The Singapore-Malaysia High Speed Railw...

On Thursday (11/1), Japanese firms decided to opt out of the Malaysia-Singapore High-Speed railway project, amid the deadline for requests on January 15.

Jakarta Provincial Minimum Wage 2024 Set to IDR5.06 M

The Jakarta Provincial Government has set the Provincial Minimum Wage (UMP) for 2024 at Rp5,067,381

Bank Indonesia Revokes 3 Indonesian Coins

Bank Indonesia (BI) has revoked and withdrawn three types of rupiah bills from circulation, starting December 1, 2023.

31 Injured and 5 Sub-districts in Sumedang-Bandung Regency Affect...

At least 31 people were injured and five sub-districts were affected by a tornado that struck Sumedang-Bandung Regency, West Java, on Wednesday (2/21)

Infographic