• Wednesday, 15 May 2024

Google Doodle Tampilkan Tari Rangkuk Alu dari Manggarai Flores

Google Doodle Tampilkan Tari Rangkuk Alu dari Manggarai Flores
Google Doodle menampilkan Tari Rangkuk Alu dari Manggarai Flores pada Senin, 29 April 2024. (Tangkapan Layar Google Doodle)

SEAToday.com, Jakarta-Google menampilkan Tari Rangkuk Alu, tarian tradisional dari Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai Google Doodle. "Celebrating Tari Rangkuk Alu" demikian bunyi tajuk yang disertakan di lamannya pada Senin, 29 April 2024.

Perusahaan mesin pencari daring itu juga menjelaskan bahwa Tari Rangkuk Alu berasal dari permainan tradisional yang dikenal sebagai Rankuk Alu, Ranku Alu, atau permainan alu Rangkuk. Tongkat bambu disusun dalam sebuah kotak di atas tanah.

Dikutip dari laman Warisan Budaya Takbenda Indonesia Kemdikbud, Rangkuk Alu biasanya dimainkan pada saat panen raya saja. Orang-orang Manggarai Timur, terutama para pemuda dan pemudi memainkannya di halaman kampung pada malam hari, di saat bulan purnama.

Secara etimologis, Rangkuk Alu adalah kata bahasa Manggarai yang terdiri dari dua kata, yaitu rangkuk yang berarti suara atau bunyi irama dari alu yang saling dibenturkan sehingga manghasilkan keharmonisan bunyi dengan nada dan tempo tertentu. Sedangkan kata alu adalah sebatang kayu dengan panjang 2 meter yang digunakan sebagai alat penumbuk padi.

Alu dalam Rangkuk Alu ada dua jenis, yaitu alu alas yang di diletakkan di (atas) tanah dan alu-penjempit. Bunyi benturan antaralu alas dengan alu penjempit, juga antaralu penjempit inilah yang menjadi cikal bakal nama Rangkuk Alu.

Alu dimainkan dengan cara diayun dan dibenturkan seperti menjepit. Salah satu atau dua orang melompat-lompat di antara alu untuk menghindari jepitan dari dua alu yang dibenturkan oleh dua orang pemain alu. Jika pelompatnya lebih dari satu orang, maka biasanya mereka akan melompat secara bergantian.

Jumlah penari dan pemain alu juga bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Namun sekurang-kurangnya 3 orang, yakni 1 penari dan 2 pemain alu. Kelincahan dan ketepatan penari melompat di sela-sela alu menghindari jepitan alu sangat penting untuk diperhatikan.

Hal tersebut mengafirmasi bahwa Tarian Rangkuk Alu didominasi oleh gerakan kaki. Dalam Tarian Rangkuk Alu, iringan musik tradisional Manggarai menjadi sesuatu yang wajib agar cita rasa budaya Manggarai masih merupakan jiwa dari Tarian Rangkuk Alu kontemporer.

 

Share
Trending
Popular Post

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition W...

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition Warehouse

Japan Firms Walked Out of The Singapore-Malaysia High Speed Railw...

On Thursday (11/1), Japanese firms decided to opt out of the Malaysia-Singapore High-Speed railway project, amid the deadline for requests on January 15.

Jakarta Provincial Minimum Wage 2024 Set to IDR5.06 M

The Jakarta Provincial Government has set the Provincial Minimum Wage (UMP) for 2024 at Rp5,067,381

Bank Indonesia Revokes 3 Indonesian Coins

Bank Indonesia (BI) has revoked and withdrawn three types of rupiah bills from circulation, starting December 1, 2023.

31 Injured and 5 Sub-districts in Sumedang-Bandung Regency Affect...

At least 31 people were injured and five sub-districts were affected by a tornado that struck Sumedang-Bandung Regency, West Java, on Wednesday (2/21)

Infographic