• Sunday, 06 October 2024

Laporan PBB Ungkap Penyiksaan yang Dihadapi Warga Palestina di Tahanan Israel

Laporan PBB Ungkap Penyiksaan yang Dihadapi Warga Palestina di Tahanan Israel
Laporan PBB Ungkap Penyiksaan yang Dihadapi Warga Palestina di Tahanan Israel. (Foto: UN)

SEAToday.com, Jenewa - Kantor Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR) menerbitkan laporan pada Rabu (31/7) menyebut warga Palestina yang ditahan oleh Israel sejak 7 Oktober mengalami penyiksaan dan perlakuan kejam, tidak manusiawi, dan merendahkan, termasuk pelecehan seksual terhadap perempuan dan laki-laki.

Sejak Oktober, ribuan warga Palestina dipindahkan dari Gaza, biasanya dengan keadaan diikat dan mata ditutup, untuk ditahan di Tepi Barat dan Israel. Mereka umumnya ditahan secara rahasia, tanpa diberikan alasan, akses ke pengacara atau peninjauan yudisial yang efektif, kata laporan itu.

Sedikitnya 53 tahanan Palestina diketahui telah meninggal di fasilitas militer dan penjara Israel sejak Oktober. Sejumlah kesaksian menunjukkan adanya tindakan-tindakan kejam seperti waterboarding, kurang tidur, sengatan listrik, dan diserang dengan anjing.  Kepala OHCHR Volker Türk menyebutnya sebagai pelanggaran nyata terhadap hukum HAM dan hukum kemanusiaan internasional.

Temuan laporan tersebut dapat digunakan oleh jaksa penuntut Mahkamah Pidana Internasional yang sedang menyelidiki kejahatan yang dilakukan terkait dengan konflik tersebut.

Share
News Update
Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

47 Tigers in Vietnam Zoos Die from Bird Flu

On Wednesday (2/10), state media said that 47 tigers, three lions and a panther have died in zoos in south Vietnam due to the H5N1 bird flu virus.

MotoGP Mandalika 2024: InJourney Records Over 120,000 Attendees

The Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 held at the Pertamina Mandalika International Circuit recorded more than 120,000 visitors.

Trending