• Friday, 18 October 2024

Kronologi Meledaknya Speedboat Bela 72 Cagub Maluku Utara

Kronologi Meledaknya Speedboat Bela 72 Cagub Maluku Utara
Speedboat Bela 72 yang membawa rombongan Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Malut Nomor Urut 4 Benny Laos - Sabrin Sehe bersama tim saat terbakar di Pelabuhan regional Bobong Desa Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu. (dok: ANTARA)

SEAToday.com, Jakarta - Speedboat Bela 72 yang membawa rombongan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Malut nomor urut 4 Benny Laos-Sabrin Sehe meledak di Pulau Taliabu. Insiden ini pun menewaskan lima orang.

Speedboat tersebut meledak saat berlabuh di Pelabuhan Regional Bobong, Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu. Ledakan mengakibatkan terjadi kebakaran di seluruh body speedboat.

Diketahui kronologi meledaknya speedboat ini awalnya para paslon dan rombongan sudah menaiki dan berada dalam speedboat.

Speedboat pun melakukan pengisian bahan bakar untuk nanti akan membawa mereka ke Desa Kawalo, Kecamatan Taliabu Barat. Mereka dijadwalkan akan melakukan kampanye di desa tersebut.

Namun, ketika pengisian BBM sedang berlangsung, terjadi ledakan disertai kobaran api yang besar. Akibatnya speed boat terbakar dan secara perlahan tenggelam, sementara para penumpang langsung terjun ke laut.

Sebanyak sepuluh orang telah dievakuasi. Empat orang dilarikan ke RSUD Bobong dan dua orang di Puskesmas Bobong. Sementara 4 orang lainnya di klinik Dokter Ama.

Sementara itu, masih ada korban yang terjebak di dalam speedboat yang mengalami kebakaran. Hingga saat ini, belum bisa dipastikan berapa jumlah korban yang terjebak.

Kapolres Pulau Taliabu AKBP Totok Handoyo mengatakan saat evakuasi kondisi Benny Laos dalam keadaan kritis dan dilakukan pompa jantung. Korban mengalami patah kaki dan luka bakar. Korban terjebak di dalam speedboat saat kebakaran terjadi.

Melansir ANTARA, berdasarkan informasi yang dikonfirmasi tim SAR Ternate di lapangan, peristiwa kebakaran kapal cepat (speedboad) tersebut terjadi pada Sabtu (12/10/2024) pukul 14.05 WIT di Dermaga Pelabuhan Regional Bobong, Desa Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Kobaran api kebakaran tersebut baru dapat dikendalikan setelah sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran Pulau Talibau dikerahkan ke lokasi sekitar pukul 15.00 WIT.

Pemadaman api masih berlangsung, saat ini kondisi kapal sebagian tenggelam ke dasar pelabuhan.

Hingga berita ini diturunkan, pihak RSUD Bobong sudah mengonfirmasi bahwa cagub Benny Laos telah meninggal dunia.

Berikut adalah daftar korban yang meninggal dunia:

1. Benny Laos, cagub Maluku Utara 

2. Mufin A Wahid, Ketua PPP Provinsi Maluku Utara

3. Ester Tantri, anggota DPRD Provinsi Maluku Utara dari Partai Demokrat

4. Dani Buamonabot, anggota polisi yang bertugas sebagai pengamanan pribadi calon gubernur Benny Laos

5. Nasrun, PNS Pemkab Kepulauan Sula

6. Mashudin Ode Muisi, anak buah kapal

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending