• Monday, 07 October 2024

KPU Jakarta Bagi Debat Perdana Pilkada 2024 Jadi 6 Segmen

KPU Jakarta Bagi Debat Perdana Pilkada 2024 Jadi 6 Segmen
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta, Astri Megatari memberikan keterangan pers terkait debat perdana Pilkada Jakarta 2024 di Jakarta, Kamis. (dok: ANTARA/Lia Wanadriani Santosa)

SEAToday.com, Jakarta - KPU DKI Jakarta membagi debat perdana Pilkada 2024 menjadi enam segmen.

Debat perdana calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jakarta 2024 akan diawali dengan pemaparan visi dan misi masing-masing pasangan calon (paslon).

Selanjutnya, pada segmen dua dan tiga yaitu para pasangan calon akan menjawab pertanyaan dari panelis.

Kemudian di segmen empat dan lima yakni tanya jawab antar pasangan calon, dilanjutkan pernyataan penutup dari pasangan calon pada segmen enam.

"Untuk pembagian khususnya, debat ini akan langsung dihadiri oleh cagub dan cawagub. Keduanya akan ada porsinya sendiri," ujar Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta, Astri Megatari.

Sementara itu, terkait panelis dalam debat tersebut, terdapat tujuh panelis yang hadir dari berbagai unsur bidang keilmuan.

Ketujuh orang panelis tersebut yakni Gun Gun Heryanto, Beky Mardani, R. Siti Zuhro, Nurliah Nurdin, Didik Suhariyanto, Ahsanul Minan, dan Andhyta Firselly Utami.

"Pertanyaan disusun panelis untuk segmen dua dan tiga. Panelis akan mulai proses karantina untuk menyusun pertanyaan dan diharapkan dalam waktu dua hari ini panelis ini dapat segera menyusun pertanyaan," ujarnya.

Ia mengatakan para pasangan calon akan ditanyai panelis sesuai nomor urutnya, yakni diawali Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) nomor urut 1, diikuti Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel) nomor urut 3.

Seperti diketahui, Debat perdana Pilkada Jakarta dijadwalkan berlangsung pada 6 Oktober 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Utara, Minggu (6/10) pukul 19.00 WIB. Debat perdana ini akan berlangsung selama 150 menit.

Nantinya debat ini akan dipandu oleh Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki, yang sebelumnya sama-sama pernah memandu jalannya debat calon presiden pada Pemilihan Presiden tahun 2024.

Adapun tema dalam debat perdana Pilkada Jakarta 2024 yaitu "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global", yang meliputi penguatan untuk ketahanan budaya dan pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Debat ini akan memperlihatkan bagaimana pasangan calon dapat memiliki program untuk perempuan, anak, kemudian kaum marginal, lalu disabilitas. Kemudian bagaimana pasangan calon menghadirkan visi-misinya terkait ketika Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota, namun arahnya menjadi kota global.

Share
News Update
Thousands of People Around the World Demonstrate to Support Palestine Ahead of October 7th Commemoration

Thousands of People Around the World Demonstrate to Support Palestine Ahead of October 7th Commemora...

Police Deploy 1,634 Personnel for First Jakarta Gubernatorial Deb...

The police deployed 1,634 of its personnel for the first Jakarta gubernatorial debate.

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showc...

The 79th Anniversary of the Indonesian National Armed Forces (TNI) falls on Saturday, (10/5/2024).

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

Trending