• Thursday, 16 May 2024

Heatwave: Sejumlah Negara Asia Imbau Penduduk untuk Pergi ke Tempat Teduh

Heatwave: Sejumlah Negara Asia Imbau Penduduk untuk Pergi ke Tempat Teduh
Heatwave: Sejumlah Negara Asia Imbau Penduduk untuk Pergi ke Tempat Teduh (Shutterstock)

SEAToday.com, Jakarta - Heatwave atau gelombang panas yang ekstrem saat ini sedang terjadi di wilayah Asia Tenggara dan Selatan sehingga pemerintah setempat mengimbau warganya untuk senantiasa berada di tempat yang sejuk.

Beberapa di antaranya merupakan negara Asia Tenggara seperti Thailand, Myanmar, dan Filipina. Di Filipina, kegiatan belajar-mengajar dihentikan selama dua hari setelah Manila mencapai suhu tertingginya pada hari Minggu (28/4/2024). Hal ini dikarenakan masih banyak ruang kelas sekolah di Filipina tidak menggunakan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC).

“Di rumah sangat panas. Ini adalah hari terpanas yang pernah saya alami, khususnya antara jam 10 pagi hingga 4 sore. Kami butuh pendingin ruangan gratis untuk memangkas tagihan listrik kami,” kata seorang ibu di Manila dikutip dari CNA.

Sementara itu, di Kamboja, Myanmar, Vietnam, India, dan Bangladesh, ahli pengamat cuaca memperingati adanya kemungkinan suhu mencapai lebih dari 40 derajat celcius, termasuk terpengaruhnya tingkat kelembapan di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, Kementerian Air dan Meteorologi Kamboja memperingati suhu akan mencapai 43 derajat celcius di beberapa wilayah negara tersebut. Sehingga diharapkan warga dapat berpartisipasi untuk untuk memonitor kesehatan diri sendiri selama gelombang panas berlangsung.

Pada Sabtu (27/4/2024) lalu, Pemerintah India mengumumkan bahwa gelombang panas ekstrem akan terjadi selama satu minggu di beberapa wilayah negara, dengan suhu paling tinggi diperkirakan mencapai 44 derajat celcius.

“Saya belum pernah mengalami panas yang seperti ini sebelumnya. Ini sangat tidak nyaman dan menyedot energi tubuhmu,” kata seorang warga di India dikutip dari CNA.

Penulis: Kalila Untsa

Share
Trending
Popular Post

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition W...

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition Warehouse

Japan Firms Walked Out of The Singapore-Malaysia High Speed Railw...

On Thursday (11/1), Japanese firms decided to opt out of the Malaysia-Singapore High-Speed railway project, amid the deadline for requests on January 15.

Jakarta Provincial Minimum Wage 2024 Set to IDR5.06 M

The Jakarta Provincial Government has set the Provincial Minimum Wage (UMP) for 2024 at Rp5,067,381

Bank Indonesia Revokes 3 Indonesian Coins

Bank Indonesia (BI) has revoked and withdrawn three types of rupiah bills from circulation, starting December 1, 2023.

31 Injured and 5 Sub-districts in Sumedang-Bandung Regency Affect...

At least 31 people were injured and five sub-districts were affected by a tornado that struck Sumedang-Bandung Regency, West Java, on Wednesday (2/21)

Infographic