• Tuesday, 14 May 2024

Rumah BUMN Resmi Ada di Pekanbaru untuk Fasilitasi Pegiat UMKM

Rumah BUMN Resmi Ada di Pekanbaru untuk Fasilitasi Pegiat UMKM
Menteri BUMN Erick Thohir Minta BUMN Siapkan Antisipasi Terkait Dampak Ekonomi dan Geopolitik ((ANTARA/HO-Kementerian BUMN/pri.)

SEAToday.com, Jakarta - Kementerian BUMN meresmikan Rumah BUMN (RB) Pekanbaru untuk memfasilitasi UMKM dengan lebih baik, Minggu (28/4/2024).

Sebelumnya, pegiat UMKM harus menyewa ruko untuk menjalankan usahanya. Setelah peresmian ini, mereka bisa memanfaatkan aset BUMN yang mengelola rumah BUMN Pekanbaru yakni PT. Pertamina (Persero).

Untuk Pertamina sendiri, Rumah BUMN Pekanbaru ini merupakan 1 dari 30 Rumah BUMN yang dibina.

Rumah BUMN Pekanbaru menaungi 3.200 UMKM lokal Pekanbaru dan telah secara rutin melakukan pelatihan sebanyak 120 kali untuk memfasilitasi UMKM naik kelas sejalan dengan visi Menteri BUMN Erick Thohir.

Pada kesempatan kali ini, Kementerian BUMN yang diwakilkan oleh BUMN Pertamina melalui VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman.

“Kementerian BUMN, juga dengan BUMN-BUMN khususnya Pertamina dalam hal ini, berkomitmen untuk membantu pergerakan perekonomian nasional dan melakukan pembinaan UKMM sebagai sebuah tujuan. Salah satunya adalah dengan membangun dan mengelola Rumah BUMN," kata Fajriyah.

Agenda peresmian Rumah BUMN Pekanbaru ini juga dibarengi dengan Launching Cofee Shop Kabar Baik, sebagai pemberdayaan tenaga lokal daerah.

Turut hadir pula dalam agenda ini Corporate Secretary Pertamina Hulu Rokan, Rudi Ariffianto, Direktur Eksekutif TJSL BUMN, I Gede Arimbawa Yasa, Deputi Direktur bid KSI, Hendra Novriansah, Kakanwil BPJS TK Sumbarriau Kepri, Eko Yuyulianda, RCEO BRI, Kicky Davetra, GM Telkom, Shane Sihombing, perwakilan Dinas UMKM & Koperasi, Kadin Kota Pekanbaru, serta CEO/CFO Muda Rumah BUMN Se-Indonesia.

Sejauh ini Rumah BUMN Pekanbaru telah menghasilkan banyak inovasi untuk mendukung perkembangan kualitas UMKM, diantaranya RB Energy yaitu pemanfaatan minyak jelantah diolah ke biofuel serta pemanfaatan PLTS atap sebagai kemandirian energi RB.

Kemudian ada RB Ambassador yang merupakan pendampingan 1on1 ke UMKM untuk peningkatan pemahamahan tentang UMKM Go Digital dengan melibatkan mahasiswa Universitas Riau, sehingga pemberdayaan yang terjadi dengan adanya Rumah BUMN Pekanbaru ini terjadi di segala sisi.

Share
Trending
Popular Post

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition W...

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition Warehouse

Japan Firms Walked Out of The Singapore-Malaysia High Speed Railw...

On Thursday (11/1), Japanese firms decided to opt out of the Malaysia-Singapore High-Speed railway project, amid the deadline for requests on January 15.

Jakarta Provincial Minimum Wage 2024 Set to IDR5.06 M

The Jakarta Provincial Government has set the Provincial Minimum Wage (UMP) for 2024 at Rp5,067,381

Bank Indonesia Revokes 3 Indonesian Coins

Bank Indonesia (BI) has revoked and withdrawn three types of rupiah bills from circulation, starting December 1, 2023.

31 Injured and 5 Sub-districts in Sumedang-Bandung Regency Affect...

At least 31 people were injured and five sub-districts were affected by a tornado that struck Sumedang-Bandung Regency, West Java, on Wednesday (2/21)

Infographic