• Sunday, 06 October 2024

Google Translate Tambah 110 Bahasa Baru, ada Bahasa Aceh hingga Betawi

Google Translate Tambah 110 Bahasa Baru, ada Bahasa Aceh hingga Betawi
Google Translate (Istimewa)

SEAToday.com, Jakarta - Google telah menambahkan dukungan untuk 110 bahasa baru ke layanan penerjemah mereka, yaitu Google Translate, pada 27 Juni lalu. Ekspansi ini merupakan yang terluas sehingga saat ini Google Translate mencakup total 243 bahasa. Hal ini dimungkinkan dengan bantuan Model Bahasa Besar Kecerdasan Buatan (AI) PaLM 2 milik Google, yang memungkinkan pembelajaran bahasa yang lebih mudah dan efisien.

Penambahan bahasa baru ini mencakup bahasa daerah Indonesia seperti Bahasa Bali, Aceh, Madura, tiga bahasa Batak, Betawi, Makassar, Minangkabau, dan lainnya. Di kancah internasional, bahasa Kanton, Tetum, Fijian, Tahitian, Tibet, dan bahasa-bahasa lain dari berbagai negara juga ditambahkan.

Upaya Google Translate untuk memperluas jangkauan bahasanya ini bertujuan untuk meningkatkan akses komunikasi bagi masyarakat global, mengingat sebagian besar bahasa tersebut digunakan oleh setidaknya satu juta orang di seluruh dunia.

Share
News Update
Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

47 Tigers in Vietnam Zoos Die from Bird Flu

On Wednesday (2/10), state media said that 47 tigers, three lions and a panther have died in zoos in south Vietnam due to the H5N1 bird flu virus.

MotoGP Mandalika 2024: InJourney Records Over 120,000 Attendees

The Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 held at the Pertamina Mandalika International Circuit recorded more than 120,000 visitors.

Trending