• Friday, 18 October 2024

4 Fakta Sungai Seine yang Jadi Venue Opening Olimpiade Paris 2024

4 Fakta Sungai Seine yang Jadi Venue Opening Olimpiade Paris 2024
Tepian Sungai Seine di Paris. (Unesco.org)

SEAToday.com,  Jakarta - Sungai Seine merupakan salah satu venue Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga renang triathlon sekaligus venue untuk pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang digelar pada Jumat (26/7). Venue ini menjadi momen perdana dalam sejarah dimana pembukaan Olimpiade tidak berlangsung di stadion.

Sungai ikonik di Paris yang memiliki panorama memanjakan mata ini, memiliki beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui, lho. Penasaran? Simak infonya berikut ini!

 

  • Sumber Inspirasi Karya Seni Terkenal

 

Sungai Seine menjadi salah satu sungai paling ikonik di dunia. Sungai ini menjadi sumber inspirasi beberapa lukisan karya pelukis ternama seperti karya Claude Monet dan Vincent van Gogh, yang menggambarkan keindahan sungai ini dalam berbagai musim dan kondisi cahaya. 

Selain itu, Seine juga sering muncul dalam film sebagai simbol keindahan dan romansa, seperti “Inception”, “Midnight in Paris”, dan yang terbaru “Under Paris”.

 

  • Situs Warisan Dunia UNESCO

 

Sungai Seine dan tepiannya di Paris telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak 1991. Penetapan ini mengakui nilai sejarah dan budaya dari kawasan tersebut, yang mencakup banyak bangunan bersejarah, museum, dan taman yang indah.

 

  • Dijuluki “Bank Sampah”

 

Dibalik keindahannya, Sungai Seine dijuluki “Bank Sampah” karena banyak ditemuinya sampah-sampah disekitar sungai. Tak hanya sampah domestik, Sungai Seine juga tercemar dengan sampah industri. 

 

  • Tingkat Polusi Air yang Tinggi

 

Laporan dari Environmental Science & Technology menyebut limbah industri dan rumah tangga yang mencemari Sungai Seine selama bertahun-tahun ini dapat membahayakan ekosistem air dan kesehatan manusia.

Otoritas Paris menggelontorkan 1,4 miliar Euro atau sekitar 24,7 triliun rupiah untuk membersihkan Sungai Seine menjelang perhelatan Olimpiade Paris 2024.

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending