• Friday, 18 October 2024

Gempa Taiwan Telan 9 Korban Jiwa dan Lebih dari 1.000 Orang Luka-Luka

Gempa Taiwan Telan 9 Korban Jiwa dan Lebih dari 1.000 Orang Luka-Luka
Taiwan’s 7.5 magnitude earthquake. (TVBS via AP)

SEAToday.com, Hualien-Gempa terkuat dalam 25 tahun mengguncang Taiwan pada Rabu, 3 April 2024 pagi. Peristiwa ini menewaskan sembilan orang hingga membuat penduduk berhamburan keluar dari jendela-jendela bangunan yang rusak.

Dilansir AP, gempa yang melukai lebih dari 1.000 orang ini terjadi sebelum pukul 8 pagi dan berpusat di lepas pantai daerah pegunungan Hualien County. Setelahnya, beberapa bangunan miring dengan sudut yang sangat tajam dan lantai dasarnya hancur.

Lebih dari 150 kilometer jauhnya di ibu kota Taipei, ubin berjatuhan dari bangunan-bangunan tua, dan sekolah-sekolah mengevakuasi para siswanya ke lapangan olahraga ketika gempa susulan menyusul.

Tim penyelamat menyebar di Hualien, mencari orang-orang yang mungkin terjebak dan menggunakan ekskavator untuk menstabilkan bangunan yang rusak. Jumlah orang yang hilang, terperangkap atau terlantar berfluktuasi ketika pihak berwenang mengetahui lebih banyak orang yang berada dalam masalah dan bekerja untuk menemukan atau membebaskan mereka.

Sekitar 70 pekerja yang terlantar di dua tambang batu dalam keadaan selamat, menurut badan pemadam kebakaran nasional Taiwan, tetapi jalan untuk mencapai mereka rusak akibat runtuhan batu. Beberapa jam setelah gempa, televisi menayangkan para petugas penyelamat mengangkat warga, termasuk seorang balita, melalui jendela dan ke jalan. Beberapa pintu telah menyatu dengan guncangan gempa.

Taiwan kerap diguncang gempa bumi dan penduduknya termasuk yang paling siap menghadapinya. Namun, pihak berwenang memperkirakan gempa yang relatif ringan dan tidak mengirimkan peringatan. Gempa yang terjadi ternyata cukup kuat untuk membuat takut orang-orang yang sudah terbiasa dengan guncangan seperti itu.

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending