• Sunday, 29 September 2024

Kembali Erupsi, Gunung Ibu Keluarkan Abu Setinggi 700 Meter

Kembali Erupsi, Gunung Ibu Keluarkan Abu Setinggi 700 Meter
Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, kembali erupsi dengan ketinggian kolom abu 700 meter, Jumat (27/9/2024). (dok: ANTARA)

SEAToday.com, Jakarta - Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, kembali erupsi dengan ketinggian kolom abu setinggi 700 meter, Jumat (27/9) pukul 20.10 WIT.

"Erupsi Gunung Ibu disertai dengan sinar api yang keluar dan terlihat sekitar 200 meter dari atas puncak dan sempat terdengar gemuruh yang kuat," ujar petugas Pos Pengamatan Gunung Api Ibu, Axl Roeroe dilansir dari ANTARA

Gunung Ibu yang mengeluarkan kolom abu itu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut.

"Erupsi itu berhasil terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi ± 57 detik dari Pos Pengamatan Gunung Api Ibu yang berada di Desa Gam Ici, Kecamatan Ibu," ujarnya.

Kini, status Gunung Ibu berada di Level III atau Siaga. Hal ini membuat masyarakat dan wisatawan diminta untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif gunung tersebut.

Masyarakat terutama yang beraktivitas di luar rumah juga disarankan untuk menggunakan masker dan kacamata jika terjadi hujan abu. Ini agar dapat terhindar dari paparan abu gunung api itu.

Seluruh pihak di daerah itu juga diminta agar menjaga situasi kondusif suasana di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya, serta selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.

Masyarakat, instansi pemerintah, maupun pihak terkait lainnya, dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi Gunung Ibu melalui aplikasi Android Magma Indonesia, website Magma Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau https://magma.esdm.go.id), dan media sosial PVMBG (facebook, twitter, dan instagram).

Share
News Update
Surabaya Accredited Indonesia’s First Child-Friendly City by UNICEF

Surabaya Accredited Indonesia’s First Child-Friendly City by UNICEF

Jokowi Urges All Countries to Respond to Israel's Attack on Leban...

President of the Republic of Indonesia Joko Widodo (Jokowi) invites all countries and the United Nations (UN) to respond quickly regarding Israel's attack on Lebanon.

Jakarta dari Bawah Tanah Exhibition Showcases 400-Years-Old Archi...

The Jakarta MRT construction project phase two that runs from Thamrin to Kota Tua, revealed a new history of Jakarta that has been buried for 400 years.

Final Plenary Session of the People's Consultative Assembly 2019-...

The plenary session of the MPR at the end of the 2019-2024 term in Jakarta on Wednesday (9/25) approved two draft decisions, namely the MPR Draft Regulation on Rules of Procedure and the MPR Draft Decree on MPR Recommend...

Indonesia's Foreign Minister Condemns Israel's Attack on Lebanon:...

Indonesia strongly condemns the Israeli airstrikes on Lebanon launched since Monday (23/9) which continued on Tuesday.

Trending