• Tuesday, 22 October 2024

Jelang Hari Santri 2024: Menag Ingatkan Pentingnya Peran Santri

Jelang Hari Santri 2024: Menag Ingatkan Pentingnya Peran Santri
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar sesuai bertemu Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta, Senin (14/10/2024). (dok: ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

SEAToday.com, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar mengatakan bahwa bangsa Indonesia patut berterima kasih kepada para santri karena berkontribusi besar dalam meraih dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kewajiban kita adalah mempertahankan setiap jengkal tanah di NKRI. Jadi bangsa Indonesia harus berterima kasih kepada para santri. Karena kecerdasan dan kegigihannya dan juga doanya, Indonesia bisa meraih kemenangan dan dideklarasikan sebagai bangsa yang merdeka," ungkap Menag yang dilansir ANTARA dalam apel Hari Santri 2024 di Tugu Proklamasi, Jakarta, Selasa (22/10).

Hari Santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober merupakan momentum bagi semua pihak untuk mengingat dan dan mencontoh para santri yang sudah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Kaum santri tercatat dalam sejarah sebagai salah satu kelompok yang aktif dalam menyuarakan perlawanan terhadap para penjajah.

Menag mengungkapkan bahwa bukti perlawan para santri terhadap para penjajah adalah peristiwa Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober tahun 1945 yang dimaklumatkan oleh Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari.

Resolusi Jihad memiliki fatwa Hadratus Syekh Kiai Haji Hasyim Asyari menyatakan bahwa berperang menolak dan melawan penjajah itu fardlu’ain ( yang wajib dilakukan oleh umat muslim, baik laki-laki, perempuan dan anak-anak, bersenjata atau tidak) bagi yang berada dalam jarak lingkaran 94 km dari tempat masuk dan kedudukan musuh. 

Sejak Resolusi Jihad dimaklumatkan, para santri dan masyarakat antusias untuk terus berjuang dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Masyarakat terus melakukan perlawanan kepada para penjajah tanpa memiliki rasa takut.

Pada akhirnya, puncak perlawanan dari masyarakat Indonesia terjadi pada tanggal 10 November 1945 yang sekarang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

"Peristiwa Resolusi Jihad tanggal 22 Oktober 1945 tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa 10 November 1945. Tanpa adanya peristiwa Resolusi Jihad, belum tentu terjadi peristiwa 10 November," ungkapnya. 

Hari Santri 2024 mengusung tema “ Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan “. Diikuti oleh para santri dari seluruh penjuru Indonesia, Apel Hari Santri 2024 berlangsung sekitar pukul 07.00 hingga 08.00 WIB.

Penulis: A Genta Nugraha Poernomo

Share
News Update
Prabowo Appoints Luhut Binsar Pandjaitan as Chairman of National Economic Council

Prabowo Appoints Luhut Binsar Pandjaitan as Chairman of National Economic Council

UNIFIL: Israeli Forces Destroy Watchtower in South Lebanon

The UN peacekeeping force in south Lebanon announced on Sunday (20/10), an Israeli military bulldozer deliberately destroyed one of their watchtowers and perimeter fences in the Tyre district of south Lebanon.

The List of Ministers in Prabowo-Gibran's Red and White Cabinet

President Prabowo Subianto announced the composition of his cabinet named the Merah Putih Cabinet as well as the names of ministers in his government cabinet at the Presidential Palace, Jakarta, Sunday, October 20, 2024...

Prabowo Announces The Name of His Cabinet as the Red and White Ca...

With the agreement of the general heads of our coalition, we name this cabinet the Merah Putih Cabinet and I would like to announce the composition of the 2024 Merah Putih Cabinet,” President Prabowo said.

Official Portraits of President Prabowo Subianto, VP Gibran Rakab...

The official portraits of Indonesia's President and VP for 2024-2029 have been released by the Indonesian Government.

Trending