• Friday, 18 October 2024

Kompleks Parlemen Dijaga 14 Kendaraan Taktis jelang Pelantikan Presiden-Wapres

Kompleks Parlemen Dijaga 14 Kendaraan Taktis jelang Pelantikan Presiden-Wapres
Aksi demo akan digelar di Gedung DPR, Senayan, Kamis (22/8). (dok: pinterest)

SEAToday.com, Jakarta - Sebanyak 14 kendaraan taktis bersiaga di halaman kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, atau Kamis (17/10) atau 3 hari menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi Presiden Dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Kendaraan taktis tersebut terdiri dari 10 unit Anoa 6x6 Armoured Personnel Carrier (APC) dan 4 unit Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV), menurut pantauan ANTARA pada Kamis (17/10) pukul 16.00 WIB.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (15/10), menjelaskan bahwa pihaknya akan mengerahkan pasukan dari tiga matra, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara untuk operasi pengamanan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran pada hari Minggu (20/10).

Kapuspen mengatakan bahwa setiap tahunnya TNI akan dikerahkan untuk menjalankan tugas-tugas khusus.

"Setiap satuan akan memiliki peran khusus seperti pengawasan, patroli, dan pengamanan VVIP/VIP guna menjaga keamanan selama pelantikan berlangsung," ungkap Mayjen Hariyanto seperti dilansir Antara.

Mayjen TNI Haryanto menekankan bahwa TNI telah bekerja sama dengan Polri dalam seluruh rangkaian kegiatan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. TNI juga sudah menyusun rencana pengamanan yang sesuai dengan prosedur dan kebutuhan dalam pengamanan acara.

"Rencana itu mencakup pengamanan area sekitar lokasi pelantikan serta pengaturan arus lalu lintas dan akses masyarakat," ujar Kapuspen.

TNI juga telah menyiapkan renncana untuk langkah-langkah pencegahan terhadap berbagai ancaman dan gangguan, hingga pengawasan ketat di area-area yang berpotensi rawan.

Upacara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diselenggarakan pada Minggu (20/10/2024) di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Penulis: A. Genta Nugraha Poernomo

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending