• Thursday, 17 October 2024

Jokowi Sering Bagi-bagi Hadiah Sepeda Selama Jadi Presiden, Ini Alasannya

Jokowi Sering Bagi-bagi Hadiah Sepeda Selama Jadi Presiden, Ini Alasannya
Presiden Jokowi memberikan hadiah sepeda kepada tamu undangan peraih gelar busana adat terbaik di HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN (Sumber Foto:ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app/wpa/pri)

SEAToday.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap memberikan hadiah sepeda kepada banyak orang selama ia menjadi presiden sejak tahun 2014-2024. Tentu saja ada alasan kenapa ayah Gibran Rakabuming Raka ini sering membagi-bagikan sepeda kepada banyak orang.

Dalam laman Facebook pribadinya, suami Iriana ini pernah menjelaskan terkait pemberian sepeda. Ternyata ada alasan khusus dan memiliki makna cukup dalam. Menurut Jokowi bersepeda menunjukkan cerminan dan kemandirian serta kerja keras.

“Bersepeda itu mandiri dan bekerja keras. Kemajuan, kelajuan, juga kecepatan dihasilkan dari usaha sendiri, gerak tubuh sendiri, tanpa mesin atau dorongan tenaga orang lain. Seberapa cepat kita ingin sampai ke tujuan tergantung seberapa keras kita mengayuh,” tulis mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi menambahkan bahwa dengan bersepeda merepresentasikan kebersamaan yang di dalamnya terdapat koordinasi dan pembagian fungsi dari berbagai anggota tubuh. “Saat mengayuh sepeda, seluruh anggota badan tergerak dalam harmoni. Dua tungkai kaki mengayuh pedal seirama, mata memandang awas ke depan, tanan menggenggam kemudi seraya jari waspada menarik tuas rem,” tambah Jokowi.

“Bersepeda itu bergerak maju dalam keseimbangan. Jika jalan menanjak, badan sedikit membungkuk. Jika berbelok ke kanan atau ke kiri, tubuh ikut menyelaraskan. Satu yang tetap, titik berat pesepeda selalu ada di tengah-tengah,” tulis Jokowi.

Tentu saja sudah banyak orang yang mendapatkan hadiah sepeda dari Jokowi. Misalnya para masyarakat biasa yang menghadiri acara kunjungan Jokowi ke beberapa daerah karena berhasil menjawab pertanyaan, hingga penyanyi Raisa bahkan pernah dapat sepeda ketika datang ke Istana Negara beberapa tahun lalu.

Bahkan Kaesang Pangarep anak Jokowi pun pernah mendapatkan hadiah sepeda dari ayahnya. Momen itu terjadi ketika Kaesang bersama istrinya, Erina Gudono menjadi salah satu peserta upacara di HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023 dengan busana daerah terbaik.

Termasuk pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 lalu di Ibu Kota Nusantara (IKN). Jokowi memberikan hadiah sepeda sejumlah tamu undangan karena mendapat gelar busana daerah terbaik, mereka adalah Dona Chandra Ginting, Muaipah Yuliana, Abi Manyu Arlindiato, Lilis Suriani, Edi Sofyan, Uswatun Hasanah, dan Ibu Lanyala Mataliti.

 Jokowi juga memiliki hubungan dekat dengan sepeda. Jokowi sering bersepeda sejak masih menjadi Wali Kota Solo dulu. Saat jadi presiden pun, Jokowi sering bersepeda di momen akhir pekan.

 

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending