• Thursday, 17 October 2024

Para Menteri Kabinet Indonesia Maju yang Diprediksi Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran

Para Menteri Kabinet Indonesia Maju yang Diprediksi Masuk Pemerintahan Prabowo-Gibran
Bahlil Lahadalia (kanan) anggota kabinet Indonesia Maju diprediksi akan masuk ke pemerintahan Prabowo - Gibran (Sumber Foto: ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

SEAToday.com, Jakarta – Sejumlah menteri anggota Kabinet Indonesia Maju dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin, mendatangi kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jakarta Selatan, pada Senin (14/10). Diduga para menteri tersebut diprediksi akan kembali menjabat sebagai menteri dalam pemerintahan Prabowo periode 2024-2029.

Kabarnya ada 16 nama yang santer diberitakan akan kembali masuk dalam kabinet. Prabowo sendiri pernah mengungkapkan bahwa sebagian dari menteri di kabinet Indonesia Maju kemungkinan akan diminta untuk bekerja sama dalam pemerintahannya. Maklum saja para menteri itu merupakan rekan-rekan kerja Prabowo selama lima tahun terakhir di pemerintahan.

Beberapa nama menteri Kabinet Indonesia Maju yang diprediksi masuk pemerintahan Prabowo adalah Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (Menteri Agraria / Tata Ruang), Agus Gumiwang Kartasasmita (Menteri Perindustrian), Zulkifli Hasan (Menteri Perdagangan, dan Pratikno (Menteri Sekretaris Negara).

Selain nama-nama di atas tadi beredar informasi nama seperti Erick Thohir (Menteri BUMN), Rosan Roeslani (Menteri Investasi), Bahlil Lahadalia (Menteri ESDM), Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Perekonomian), serta Amran Sulaiman (Menteri Pertanian).

Termasuk nama-nama Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri), Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan), Syifulah Yusuf (Menteri Sosial), Budi Gunawan (Kepala BIN), dan Abdullah Azwar Anas (Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), hingga Raja Juli Antoni (Wakil Menteri Agraria/Tata Ruang) yang ikut diproyeksi masuk kabinet.

Namun nama-nama tersebut belum diketahui akan menduduki posisi sebagai menteri dalam bidang apa di pemerintahan Prabowo mendatang.

Menurut informasi yang sudah beredar kementerian yang berada di bawah Prabowo dan Gibran sebanyak 46 kementerian. Kementerian yang baru ada yang dilebur atau dipecah dari kementerian era Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin periode 2019-2024.

Beberapa kementerian yang baru itu antara lain Kementerian Koordinator Kemasyarakatan, Kementerian Hutan, Kementerian Laut dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan Rakyat, dan Kementerian Transmigrasi.

Juga ada Kementerian Koperasi, Kementerian Pariwisata, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian UMKM, Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Kementerian Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Tinggi, hingga Kementerian Kebudayaan.

Termasuk dalam daftar kementerian baru yakni Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Hukum, Kementerian Hak Asasi Manusia, kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan.

Sebelum dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober 2024 nanti, Prabowo dan Gibran dikabarkan akan mengumumkan siapa saja nama-nama yang terpilih masuk dalam kabinet sebagai menteri.

 

Share
News Update
UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Take Note to Plan Your Holiday! The following is All 2025 Holiday...

The government has officially set 27 public holidays and collective leave in 2025 which are intended as guidelines for the public and ministries/institutions (K/L) and local governments (pemda) to carry out work programs...

Trending