• Monday, 06 May 2024

Blusukan Efektif Ala Ali Sadikin

Author: Rahvana Lintas Anarki
April 25, 2024
Blusukan Efektif Ala Ali Sadikin
Gubernur DKI Jakarta 1966-1977, Ali Sadikin | Perpusnas

SEAToday.com, Jakarta-Aktivitas blusukan kerap diyakini metode anyar dekat dengan rakyat. Siasat itu digunakan politisi hingga pejabat untuk mengetahui secara langsung suatu problema di lapangan. Namun, tak semua aktivitas blusukan efektif. Banyak di antaranya bermuara pada pencitraan, bukan kepedulian.

Blusukannya sekali, tapi foto aktivitasnya disebar berkali-kali di jagat maya. Rakyat jadi bingung bagaimana semestinya blusukan yang efektif. Beruntung rakyat Indonesia mengenal satu sosok pemimpin keras kepala: Ali Sadikin. Begini kisahnya.

Tiada yang menyangkal status Jakarta sebagai kota terpenting di Nusantara. Status itu bukan cuma perkara Jakarta dikenal sebagai Ibu Kota Negara. Dulu kala Jakarta sudah dikenal memiliki sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia meraih kemerdekaan.

Soekarno pun tak ingin Jakarta dipimpin oleh sembarang orang. Presiden Indonesia pertama itu kerap ikut campur mencari pemimpin untuk Jakarta. Bung Karno pernah mencoba mencari pemimpin dari kalangan politikus, militer, serta seniman. Hasilnya nihil. Tiada yang dapat memuaskan Bung Karno.

Pembangunan Jakarta jalan ditempat, bahkan cenderung kumuh. Bung Karno pun mencoba memilih pemimpin dari kalangan tak biasa. Ia mencari pemimpin yang keras kepala. Pribadi yang yang senang berbuat, bukan sekedar omong-omong belaka. Pilihan itu jatuh kepada sosok Mayjen KKO (Angkatan Laut), Ali Sadikin.

“Nah, sekarang saya punya pilihan jatuh kepada Mayjen KKO, Ali Sadikin. Dus Ali Sadikin, als ja maar weet (asal tahu saja), engkau menghadapi banyak kesulitan. Apalagi, nah apalagi lho, Jakarta ini sebagai Ibu Kota Republik menduduki satu tempat yang istinewa dalam kalbu saya. Saya amat, kata orang Jawa, Kikrik (teliti). Saya tidak bisa melihat sampah. Saya tidak bisa melihat ada selokan yang buntu,” pesan Bung Karno dalam saat melantik Ali Sadikin di Istana Negara, 28 April 1966, sebagaimana dikutip buku Ali Sadikin: Menggusur dan Membangun (1977).

Bang Ali Keliling Jakarta

Kepercayaan Bung Karno coba dijawab dengan tanggung jawab besar oleh Ali Sadikin. Ia mulanya memang belum memahami secara penuh terkait urusan tata kota. Kabar baiknya Ali mau belajar. Langkah utama yang dilakukan adalah mencoba mengenal medan.

Ia berusaha mengenal seluruh jajarannya di dalam pemerintah DKI Jakarta. Ia mengakui kekurangan orang dan Sumber daya lainnya dalam memimpin Jakarta yang besar. Ia mencoba melakukan perubahan dari dalam. jajaran pemerintah dan birokrasi dibenahi.

Beda dengan urusan perumusan kebijakan. Ali Sadikin punya cara sendiri. Pria yang akrab disapa Bang Ali itu memilih untuk melangsungkan blusukan – kegiatan datang ke lapangan untuk mengetahui sesuatu. Kadang kala seorang diri, kadang juga ditemani oleh ajudan.

Blusukan itu dilakukan jauh dari sorotan kamera wartawan.  Ia mencoba berkeliling Jakarta naik bus kota. Ia masuk terminal dan mencoba menertibkannya. Ali tak lupa mendatangi kampung-kampung. Kegiatan itu dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum problema hidup warga Jakarta.

“Belum lama setelah jadi Gubernur, dua hari saya keliling Jakarta naik bus kota. Hujan-hujanan waktu itu. saya ikut berdesak-desakan dengan penumpang bus. Waktu berdesakan itulah saya rasakan betapa tidak enaknya. Di situ saya tahu betapa runyamnya masalah transportasi di kota ini. Tak ada sistem. Alat angkutan sangat kurang,” cerita Ali Sadikin ditulis Ramadhan K.H. dalam buku Bang Ali: Demi Jakarta 1966-1977 (1992).

Enam bulan pertama memimpin Jakarta difokuskan Ali untuk blusukan. Ia ikut sengsara. Berat badannya berkurang sebanyak enam kilo. Namun, kesengsaraan itu tidak ada apa-apanya dengan manfaat yang dihasilkan blusukan.

Bang Ali dapat mengukur efektivitas pemerintah. Upaya memahami masalah kompleks Jakarta jadi lebih terarah. Bonusnya ia mampu melihat sejauh mana pemerintah DKI Jakarta dapat menjangkau rakyatnya.

Ajak Jajarannya ke Lapangan

Pola blusukan  dipandang Ali sebagai langkah efektif. Ali berpandangan suatu kebijakan akan sia-sia kala pemimpinnya sendiri tak mau turun ke lapangan. Urusan masalah transportasi umum tak bisa dibenahi dengan pemimpin yang ke mana-mana dengan supir pribadi.

Begitu pula urusan membenahi kampung. Urusan pembenahan itu takkan mampu dilakukan oleh pejabat yang sehari-harinya hidup di kompleks perubahan mewah. Alasan itu yang mendasari Ali Sadikin mengimbau seluruh jajarannya untuk turun ke lapangan.

Mereka harus dapat merasakan apa yang warga Jakarta rasakan. Hasil dari pengamatan di lapangan akan dibahas dalam rapat rutin setiap Senin pukul 07:00 pagi. Ali takkan mentoleril mereka yang telat rapat.

“Dan para staf diminta turun melihat keadaan masyarakat setiap Sabtu dan Minggu untuk dilaporkan pada senin pagi,” terang mantan staf Ali Sadikin, Wardiman Djojonegoro dalam buku Sepanjang Jalan kenangan (2016).

Hasil blusukan itu membuat Ali Sadikin dapat merangkum segala macam problema yang hadir di Jakarta. Pemerintah DKI Jakarta lalu mulai memperbaiki, bahkan mempercantik Jakarta dengan ragam kebijakan, salah satunya proyek perbaikan kampung M.H. Thamrin.

Ongkos segala macam perbaikan itu memang besar. Namun, Ali Sadikin tak pernah menganggap masalah. Tak ada cukup dana, Ali tinggal mencarinya dari banyak kantong, termasuk kantong yang kontroversial, seperti perjudian.

Hasilnya Jakarta berkembang pesat. Hasil karya Ali membangun Jakarta dipuji banyak pihak. Namun, tak sedikit pula yang mencemooh kinerjanya karena membangun Ibu Kota Negara dari uang haram. Ali menanggapinya dengan santai. Ia yakin dengan apa yang dibuatnya adalah benar.    

 

 

Share
News Update
Singapore Prime Minister Lee Hsien Loong to Step Down in May

Singapore Prime Minister Lee Hsien Loong to Step Down in May

Singapore Prime Minister Lee Hsien Loong to Step Down in May

SEAToday.com, Singapore-Singapore Prime Minister Lee Hsieng Loong announced he will step down on May 15, 2024 after two decades. This state...

Update: 133 People Were Killed During The Terrorist Attack at The...

SEAToday.com, Moscow-The death toll from the terrorist attack increased to 133 during the clearing of rubble in the Crocus City Hall. Searches continue, the Investigative...

Update: 93 People Were Killed During The Terrorist Attack at The...

SEAToday.com, Moscow-Investigation of the criminal case of the terrorist attack at the Crocus City concert hall continues. A team of investigators, criminologists and expe...

Terror Strikes at Crocus City Hall in Moscow, More Than 60 People...

SEAToday.com, Moscow-A shooting spree erupted on Friday, March 22,  at the major music venue located in Krasnogorsk, a city in the north-west of the Moscow region, Ru...

The Malaysian Anti-Graft Agency Extends Mahathir's Son’s Deadline...

SEAToday.com, Kuala Lumpur-The Malaysian anti-graft agency or the M-A-C-C has extended Mirzan Mahathir's, ex-Malaysian prime minister son's deadline to declare his asset amid graft investigation. Prev...

Trending
Popular Post

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition W...

SEAToday.com, Bekasi-A large explosion occurred at the ammunition warehouse of the 07/155 GS Field Artillery Battalion (Yonarmed) of the Jayakarta Jaya Military Regional Command in Bantargebang, Bekas...

Japan Firms Walked Out of The Singapore-Malaysia High Speed Railw...

SEAToday.com, Kuala Lumpur-On Thursday, January 11, Japanese firms, decided to opt out of the Malaysia-Singapore High-Speed railway project, amid the deadline for request of information, on January 15...

Jakarta Provincial Minimum Wage 2024 Set to IDR5.06 M

SEAToday.com, Jakarta - The Jakarta Provincial Government has set the Provincial Minimum Wage (UMP) for 2024 at Rp5,067,381. Jakarta Acting G...

Bank Indonesia Revokes 3 Indonesian Coins

SEAToday.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) has revoked and withdrawn three types of rupiah bills from circulation, starting December 1, 2023. The withdrawn money includes metal rupiah notes...

31 Injured and 5 Sub-districts in Sumedang-Bandung Regency Affect...

SEAToday.com, Jatinangor-At least 31 people were injured and five sub-districts were affected by a tornado that struck Sumedang-Bandung Regency, West Java, on Wednesday (2/21). The incident occurred i...

Infographic