• Wednesday, 16 October 2024

Termasuk Prabowo-Gibran, Mengapa Pelantikan Presiden dan Wapres Selalu Digelar 20 Oktober?

Termasuk Prabowo-Gibran, Mengapa Pelantikan Presiden dan Wapres Selalu Digelar 20 Oktober?
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. (dok. Instagram/prabowo)

SEAToday.com, Jakarta - Presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka akan dilantik pada Minggu, 20 Oktober 2024. Keduanya terlebih dahulu akan mengucap sumpah berdasarkan agama di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebelum resmi memimpin Indonesia.

Penetapan tanggal pelantikan presiden dan wakil presiden Indonesia pada 20 Oktober memiliki sejarah panjang. Momentum ini bermula ketika Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengemban tugas sebagai presiden menggantikan BJ Habibie pada 1999 silam.

Awalnya, 20 Oktober tak seketika ditetapkan sebagai tanggal pelantikan presiden Republik Indonesia. Pada 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) melantik Sukarno sebagai presiden dan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden.

Saat kepemimpinan Sukarno-Hatta, belum ada aturan khusus yang membatasi masa jabatan presiden. Dalam penelitian bertajuk "Pembatasan Masa Jabatan Presiden di Indonesia" di Jurnal Rechten: Riset Hukum dan Hak Asasi Manusia oleh Juang Intan Pratiwi, Neneng Salama, dan Siti Ulfah, menuliskan bahwa Pasal 7 UUD 1945 telah mengatur masa jabatan presiden selama 5 tahun.

Namun, aturan ini tak dibarengi dengan pengaturan batasan masa jabatan presiden dan wakil presiden. Hal tersebut menyebabkan presiden yang sama dapat dipilih berulang kali tanpa tanpa mengindahkan sistem pembatasan kekuasaan.

Akhirnya, amandemen UUD 1945 menetapkan pembatasan masa jabatan presiden, yakni 5 tahun dan dapat dipilih kembali pada jabatan yang sama hanya satu kali masa jabatan atau dua periode.

Lantas, bagaimana 20 Oktober ditetapkan sebagai tanggal pelantikan presiden? Menurut buku "Menembus Badai Kepemimpinan" karya Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, Hasyim Asyari, mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), menjelaskan bahwa sejak pemilihan umum langsung pertama pada 2004, pelantikan presiden selalu diadakan pada 20 Oktober.

KPU menetapkan tanggal tersebut tanpa mempertimbangkan hari apa yang bertepatan dengan tanggal itu. Tradisi ini telah dimulai ketika Gus Dur dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober 1999 melalui Sidang Umum MPR, menggantikan BJ Habibie yang turun dari jabatannya pada tanggal yang sama.

Namun, Gus Dur tak mengakhiri masa jabatannya di tanggal yang sama dan lengser pada 23 Juli 2001. Ia digantikan oleh Megawati Soekarnoputri yang menjabat sebagai Presiden ke-5 RI.

Sejak itu, 20 Oktober jadi tanggal pelantikan presiden RI, termasuk Susilo Bambang Yudhoyono yang dilantik pada 20 Oktober 2004 dan melanjutkan pemerintahannya untuk periode kedua hingga purnatugas pada 20 Oktober 2014. Kemudian, Joko Widodo dilantik pada 20 Oktober 2014, yang juga menjabat selama dua periode dan akan purnatugas pada 20 Oktober 2024.

Share
News Update
UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Take Note to Plan Your Holiday! The following is All 2025 Holiday...

The government has officially set 27 public holidays and collective leave in 2025 which are intended as guidelines for the public and ministries/institutions (K/L) and local governments (pemda) to carry out work programs...

Trending