• Friday, 20 September 2024

IKN Dibuka untuk Publik, Begini Pengalaman yang Ditawarkan

IKN Dibuka untuk Publik, Begini Pengalaman yang Ditawarkan
Salah satu area yang dapat dikunjungi masyarakat umum di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (ANTARA/HO-dokumen Humas OIKN)

SEAToday.com, Jakarta - Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dibuka untuk kunjungan masyarakat mulai Senin, 16 September 2024. Kunjungan ini akan membawa pengunjung ke beberapa lokasi menarik di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), termasuk Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa.

Dikutip dari laman ikn.go.id, jumlah pengunjung ditentukan sebanyak 300 orang per hari guna memastikan kenyamanan dan kualitas pengalaman. Untuk melihat langsung progres pembangunan ibu kota baru, pengunjung bisa mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi IKNOW dan mendapatkan tiket secara gratis.

Para pengunjung akan dijemput menggunakan electric vehicle (EV) berupa bus yang nyaman dari kantong parkir yang tersedia di rest area IKN dan Simpang Terunen, menuju lokasi kunjungan.

Sepanjang perjalanan, pengunjung juga akan berkesempatan melihat Istana Garuda yang tengah mengalami efek patina, yaitu perubahan warna pada logam merah menjadi kehijauan akibat oksidasi.

Fransiska, salah satu pengunjung pertama, mengatakan, "Saya sangat senang bisa berkunjung ke Nusantara untuk pertama kalinya. Ini adalah kesempatan luar biasa untuk melihat perkembangan kota ini secara langsung."

Sementara, Staff Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik Troy Pantouw menyampaikan bahwa pembukaan Nusantara untuk umum ini adalah salah satu langkah untuk mengamplifikasi informasi bagi masyarakat Indonesia.

"Tujuannya adalah agar masyarakat umum bisa menikmati Nusantara secara langsung dan menyaksikan progres pembangunannya," katanya.

Ia menutup, "Saya tadi langsung memandu masyarakat di bis menuju KIPP dan berdialog dengan warga di Plasa Seremoni. Mereka mengungkapkan rasa bangga, bahagia dan senang melihat langsung Kota Nusantara yang selama ini dilihat di media. Saya terharu dengan antusias dan sikap optimis warga yang datang dari berbagai kota dan kalangan. Terima kasih telah hadir dan mengikuti tata tertib selama berkunjung di Ibu Kota Nusantara."

Share
News Update
UN General Assembly Overwhelmingly Passes Resolution Calling to End Israeli Occupation of Palestine

UN General Assembly Overwhelmingly Passes Resolution Calling to End Israeli Occupation of Palestine

14 Whoosh Trips Canceled Due to Earthquake in Bandung Regency

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) canceled 14 trips of the Jakarta-Bandung High-Speed rail “Whoosh” due to the 5.0-magnitude earthquake that occurred in Bandung Regency, West Java, on Wednesday (9/18) at 9.41 AM wes...

Indonesian Epigraphy Experts Association Proposes Ancient Script...

The Indonesian Epigraphy Experts Association (PAEI) has proposed that ancient scripts be introduced as an extracurricular activity in schools. The aim is to enable students to understand the importance of preserving cult...

Indonesia’s First Basilica to be Built in Nusantara

Indonesia’s first basilica will be built in Nusantara (IKN). This house of worship will be named Basilica Nusantara Santo Fransiskus Xaverius.

MoEF Announces Birth of Javan Rhino in Ujung Kulon National Park

The Ministry of Environment and Forestry (MoEF) has announced the news of a Javan rhino calf born (Rhinoceros sondaicus) in Ujung Kulon National Park (TNUK). The discovery was made by the park's monitoring team.

Trending