• Monday, 20 May 2024

Imigrasi Periksa 914 WNA dalam Operasi Jagratara

Imigrasi Periksa 914 WNA dalam Operasi Jagratara
914 Orang Asing Diperiksa Imigrasi dalam Operasi Jagratara. (dok. Imigrasi)

SEAToday.com, Jakarta-Operasi pengawasan orang asing atau "Jagratara" digelar Direktorat Jenderal Imigrasi serentak di seantero Indonesia pada 2--3 Mei 2024.

Jagratara diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti "selalu waspada." Ini adalah sikap yang dituntut dari petugas Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) pada unit pelaksana teknis (UPT) Imigrasi di seluruh Indonesia yang menjadi ujung tombak pengawasan keimigrasian terhadap aktivitas orang asing di sekitarnya.

Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Safar M. Godam mengungkapkan bahwa pada 2023, pihaknya telah mengenalkan operasi serentak seperti ini dengan tujuan pembinaan dan peringatan, sehingga ada perbaikan atas kesalahan yang dilakukan orang asing dalam skala ringan.

"Pada tahun ini kita tingkatkan lagi lebih keras sehingga akan dijatuhkan tindakan administratif atau bahkan pidana keimigrasian," terang Godam dikutip dari laman Imigrasi.

Ia mengungkapkan pola operasi pengawasan serentak yang dilakukan masih sama dengan tahun sebelumnya dan akan menjadi pembiasaan sebagai pola operasi pengawasan keimigrasian.

"Bedanya dengan operasi-operasi pengawasan sebelumnya adalah biasanya kita lakukan sekali setahun, mulai tahun ini kita lakukan operasi serentak bisa beberapa kali dalam setahun," katanya.

Untuk operasi pengawasan serentak ini, Godam menjelaskan waktunya dan juga targetnya akan ditentukan serta dikendalikan oleh Ditjen Imigrasi secara terpusat.

"Strategi seperti ini kami lakukan sehingga operasinya akan menjadi tiba-tiba yang tidak dapat diprediksi oleh pelanggar keimigrasian," ungkapnya.

Dalam rangka mendukung Operasi Jagratara tersebut Ditjen Imigrasi melibatkan petugas Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) pada unit pelaksana teknis (UPT) Imigrasi di seluruh Indonesia.

Tercatat 914 orang asing diperiksa dalam operasi tersebut, dengan 480 orang di antaranya merupakan warga negara China. Kantor Imigrasi Palopo mencatatkan pengawasan orang asing terbanyak dengan jumlah 102 orang, diikuti Kantor Imigrasi Manokwari dan Singaraja dengan jumlah 57 dan 53 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 41 dari 914 orang asing yang diperiksa memerlukan tindakan lebih lanjut oleh petugas imigrasi. Di Denpasar, Kantor Imigrasi Ngurah Rai mengamankan dua perempuan asing asal Tanzania dan Uganda yang diduga melakukan kegiatan prostitusi dan penyalahgunaan izin tinggal.

Sementara itu, satu orang WN India kedapatan overstay selama 466 hari oleh petugas Imigrasi Tasikmalaya. MS (41) sebelumnya masuk ke Indonesia dengan visa on arrival. Setelah melakukan satu kali perpanjangan VoA dan menikah dengan perempuan Indonesia, MS tidak lagi mengurus izin tinggalnya.

"Sesuai arti Jagratara, jajaran imigrasi akan "selalu waspada" terhadap potensi pelanggaran yang ditimbulkan dari aktivitas orang asing di seluruh Indonesia. Ini untuk membantu menjaga stabilitas keamanan nasional, memberikan efek cegah agar tidak terjadi pelanggaran, serta menjaga kepercayaan publik terhadap imigrasi," tutup Godam.

Share
Trending
Popular Post

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition W...

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition Warehouse

Japan Firms Walked Out of The Singapore-Malaysia High Speed Railw...

On Thursday (11/1), Japanese firms decided to opt out of the Malaysia-Singapore High-Speed railway project, amid the deadline for requests on January 15.

Jakarta Provincial Minimum Wage 2024 Set to IDR5.06 M

The Jakarta Provincial Government has set the Provincial Minimum Wage (UMP) for 2024 at Rp5,067,381

Bank Indonesia Revokes 3 Indonesian Coins

Bank Indonesia (BI) has revoked and withdrawn three types of rupiah bills from circulation, starting December 1, 2023.

31 Injured and 5 Sub-districts in Sumedang-Bandung Regency Affect...

At least 31 people were injured and five sub-districts were affected by a tornado that struck Sumedang-Bandung Regency, West Java, on Wednesday (2/21)

Infographic