• Monday, 20 May 2024

Pemerintah Siapkan Vaksin Meningitis Wajib Bagi Jemaah Haji 2024

Pemerintah Siapkan Vaksin Meningitis Wajib Bagi Jemaah Haji 2024

SEAToday.com, Jakarta - Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Lilik Marhaendro Susilo mengungkapkan bahwa pemerintah akan menyediakan vaksin meningitis yang wajib bagi para jemaah haji 1445H/2024.

"Kemenkes menyediakan vaksin wajib saja untuk para jemaah, yaitu vaksin meningitis,” jelasnya dikutip dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag).

Pada penyelenggaraan haji tahun ini, Kemenkes telah menyiapkan 255 dokter yang terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis. Para dokter yang ditugaskan rencananya akan turut membersamai 241.000 jemaah dengan 45.000 jemaah lansia.

Ia juga menjelaskan bahwa jemaah akan mendapatkan vaksin meningitis saat proses visa. Pemberian vaksin ini sebagai upaya mitigasi dari pemerintah agar jemaah terlindungi dari penyakit meningitis yang banyak menyerang masyarakat Afrika.

"Ada beberapa jemaah haji di Saudi, atau orang-orang yang datang ke sana berasal dari negara yang kasus meningitisnya banyak. Sehingga, yang kita lakukan disana itu seperti memberikan jaket pelindung atau jas hujan,” tambah Lilik.

Selain vaksin meningitis sebagai vaksin wajib, Kemenkes juga menyebutkan vaksin pneumonia dan vaksin influenza dapat menjadi alternatif untuk jaga kesehatan jemaah.

Dan untuk jemaah yang berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah diwajibkan untuk vaksin polio karena di daerah tersebut terdapat tiga kasus polio.

Penulis: Annisa Salsabilla

Share
Trending
Popular Post

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition W...

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition Warehouse

Japan Firms Walked Out of The Singapore-Malaysia High Speed Railw...

On Thursday (11/1), Japanese firms decided to opt out of the Malaysia-Singapore High-Speed railway project, amid the deadline for requests on January 15.

Jakarta Provincial Minimum Wage 2024 Set to IDR5.06 M

The Jakarta Provincial Government has set the Provincial Minimum Wage (UMP) for 2024 at Rp5,067,381

Bank Indonesia Revokes 3 Indonesian Coins

Bank Indonesia (BI) has revoked and withdrawn three types of rupiah bills from circulation, starting December 1, 2023.

31 Injured and 5 Sub-districts in Sumedang-Bandung Regency Affect...

At least 31 people were injured and five sub-districts were affected by a tornado that struck Sumedang-Bandung Regency, West Java, on Wednesday (2/21)

Infographic