• Saturday, 19 October 2024

Gen Z Saat Ini Paling Banyak Gunakan Bahasa Inggris

Gen Z Saat Ini Paling Banyak Gunakan Bahasa Inggris
Gen Z ternyata paling banyak menggunakan bahasa Inggris (Shutterstock)

SEAToday.com, Jakarta - Generasi Z (Gen Z) adalah sekelompok orang yang lahir pada tahun 1997-2012. Dilaporkan oleh Head of Learning Labs Edtech Cakap, Yoshua Yanottama bahwa Gen Z adalah generasi yang orang-orangnya banyak menggunakan berbagai istilah slang bahasa Inggris.

“Secara frekuensi Gen Z tampaknya lebih sering menggunakan Bahasa Inggris (formal maupun informal) dalam percakapan sehari-hari baik lisan maupun tulisan,” kata Yoshua dikutip dari Antara News, Kamis (27/3/2024).

Ia juga mengungkapkan perkembangan penggunaan bahasa inggris di kalangan Gen Z tanah air karena terpengaruh dari media sosial, gim, forum, dan aktivitas yang lebih dari 50% kontennya berbahasa Inggris.

“Bahasa Inggris adalah lingua franca di internet. Saya menilai bahwa ini adalah tren yang positif bagi Gen Z,” tambahnya.

Menurutnya, penggunaan bahasa Inggris lebih marak di kalangan Gen Z dipicu karena generasi ini tumbuh di era perkembangan teknologi yang pesat. Contohnya dari gawai dan ditambah dengan pengaruh media sosial.

Adapun slang bahasa Inggris yang umum di kalangan Gen Z saat ini yaitu FYI (for your information), ASAP (as soon as possible), TGIF (thank God its Friday), OML (on my life), IYKYK (if you know, you know), FR (for real?), dan lain sebagainya.

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending