• Friday, 18 October 2024

Malaysia Mulai Pencarian Baru MH370

Malaysia Mulai Pencarian Baru MH370
Ilustrasi pesawat (Shutterstock)

SEAToday.com, Kuala Lumpur - Menteri Perhubungan Malaysia mengungkapkan kemungkinan pencarian baru atas hilangnya pesawat MH370 dalam acara peringatan 10 tahun hilangnya pesawat tersebut.

“Ocean Infinity, perusahaan eksplorasi dasar laut Amerika Serikat, telah mengajukan proposal pencarian pesawat MH370,” ungkap sang Menteri Perhubungan, Anthony Loke, dilansir dari Aljazeera.

Sebelumnya Malaysia pernah menawarkan USD 70 juta apabila Ocean Infinity berhasil menemukan pesawat yang hilang tersebut. Selain itu, Malaysia bersama dengan Tiongkok dan Australia juga mengakhiri pencarian selama dua tahun yang tidak membuahkan hasil serta menelan biaya sekitar USD 200 juta.

Dilansir dari Aljazeera, Malaysia kembali membuka peluang kerjasama dengan Ocean Infinity dalam pencarian pesawat MH370 apabila proposal “no find, no fee” milik Ocean Infinity disetujui. 

Keluarga korban mengungkapkan harapannya terhadap pencarian pesawat MH370 yang akan kembali dimulai.

“Kami telah berada di rollercoaster dalam 10 tahun terakhir, apabila tidak ditemukan, saya berharap pencarian akan terus dilanjutkan,” ungkap seorang istri dari seorang pramugara di pesawat tersebut.

Aljazeera mengungkap, kontak dengan MH370 terakhir kali dilakukan oleh pengatur lalu lintas udara Malaysia sebelum berpindah ke Vietnam dan diungkap oleh Perdana Menteri Najib Razak pesawat telah mengakhiri perjalanannya di laut bagian selatan India. Berdasarkan laporan tahun 2018, hal ini merupakan akibat dari gagalnya kontrol lalu lintas udara dan perubahan jalur pesawat secara manual.

Penulis: Kalila Untsa

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending