• Thursday, 24 October 2024

Daftar Eks Menteri dan Wamen Jokowi yang Masuk Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

Daftar Eks Menteri dan Wamen Jokowi yang Masuk Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran
Presiden Prabowo Subianto mengumumkan nama menteri di Kabinet Merah Putih (Sumber Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/app/Spt/pri)

SEAToday.com, Jakarta – Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka mengumumkan nama-nama menteri dan wakil menteri yang akan masuk ke dalam Kabinet Merah Putih.

Di antara nama menteri, beberapa adalah eks menteri dan wakil menteri (wamen) di era Presiden ke-7 Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Orang-orang tersebut ada yang masuk menduduki jabatan yang sama saat masih di Kabinet Indonesia Maju atau ada yang diberikan jabatan yang baru.

Menteri-menteri yang masih menjabat posisi yang sama adalah Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Erick Thohir (Menteri BUMN), Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan), Dito Ariotedjo (Menteri Pemuda dan Olahraga), Budi Gunadi (Menteri Kesehatan), dan Agus Gumiwang (Menteri Perindustrian).

Juga ada nama Bahlil Lahadalia (Menteri ESDM), Rosan Roeslani (Menteri Investasi), Supratman Andi Atgas (Menteri Hukum) dan Airlangga Hartarto (Menteri Koordinator Perekonomian), serta Amran Sulaiman (Menteri Pertanian).

Sementara nama-nama menteri yang posisinya diubah adalah misalnya Zulkifli Hasan yang pada Kabinet Indonesia Maju menjadi Menteri Perdagangan kini menjadi Menteri Koordinator Bidang Pangan. Juga ada Pratikno yang sebelumnya jadi Menteri Sekretaris Negara kini menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Lalu ada Agus Harimurti Yudhoyono yang pernah jadi Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional kini di Kabinet Merah Putih menduduki kursi sebagai Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan. Termasuk Budi Arie Setiadi yang sebelumnya menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika kini diminta menduduki posisi sebagai Menteri Koperasi.

Sementara Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang sekaligus Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni menjadi Menteri Kehutanan. Muhammad Herindra sebagai mantan Wakil Menteri Pertahanan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Budi Gunawan yang menjadi Menteri Koordinator Politik dan Keamanan.

Beberapa wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju masih diberikan kepercayaannya menduduki jabatan yang sama. Seperti Wakil Menteri Keuangan yakni Thomas Djiwandono Suahasil Nazara, dan Anggito Abimanyu. Serta Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono.

 

 

Share
News Update
President Prabowo Proposes Dedicated Neighborhood for Pilgrims in Holy Land

President Prabowo Proposes Dedicated Neighborhood for Pilgrims in Holy Land

Indonesian Ministry of Foreign Affair Condemns Israel's Repeated...

Indonesia warned that hospitals, medical personnel, and all patients and war victims treated in health facilities must be protected and ensured their safety under any circumstances.

Prabowo Appoints Luhut Binsar Pandjaitan as Chairman of National...

Luhut will serve as an advisor to the president in the economic field in accelerating crisis mitigation and national economic recovery.

UNIFIL: Israeli Forces Destroy Watchtower in South Lebanon

The UN peacekeeping force in south Lebanon announced on Sunday (20/10), an Israeli military bulldozer deliberately destroyed one of their watchtowers and perimeter fences in the Tyre district of south Lebanon.

The List of Ministers in Prabowo-Gibran's Red and White Cabinet

President Prabowo Subianto announced the composition of his cabinet named the Merah Putih Cabinet as well as the names of ministers in his government cabinet at the Presidential Palace, Jakarta, Sunday, October 20, 2024...

Trending