• Thursday, 17 October 2024

Cerita Pencapaian Gibran Rakabuming Raka Selama Jadi Wali Kota Solo

Cerita Pencapaian Gibran Rakabuming Raka Selama Jadi Wali Kota Solo
Gibran Rakabuming Raka bersama Prabowo Subianto (Sumber Foto: Youtube KPU)

SEAToday.com, Solo – Gibran Rakabuming Raka sebentar lagi akan dilantik sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia. Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini merupakan mantan Wali Kota Solo, Jawa Tengah yang memiliki sederet prestasi selama menjabat beberapa tahun. Apa saja pencapaian yang sudah dilakukan ayah Jan Ethes selama jadi orang nomor satu di Solo?

1.Membangun Fasilitas Umum

Gibran menjadi wali kota berhasil membangun fasilitas umum menjadi lebih baik. Salah satunya dengan memperhatikan kenyamanan dan kemudahan warga Solo dalam beraktivitas. Adalah Selter Mahanan yang merupakan sebuah food court, memiliki area jogging track. Lokasinya bersebelahan dengan Stadion Manahan.

2.Revitalisasi Ikon Kota Solo

Kemudian Gibran juga melakukan revitalisasi beberapa tempat yang menjadi ikon Solo. Misalnya Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto. Gibran melakukan penataan di kawasan Ngarsopuro yang diperpanjang menjadi pusat industri kreatif dengan menghubungan kawasan itu dengan Jalan Gatot Subroto.

Selain itu Gibran juga berhasil revitalisasi beberapa pasar dan taman di Solo menjadi lebih bersih, nyaman, dan aman. Sehingga banyak warga Solo atau wisatawan yang datang mengunjungi pasar dan taman.

3.Membangun Sentra Mebel

Pernah jadi pengusaha sebelum jadi wali kota, tentu saja Gibran peduli dengan perkembangan industri di Solo. Misalnya ia membangun sentra mebel di tanah seluas .5.000 meter persedi. Tempat ini kini menjadi sentra khusus produk mebel-mebel di Solo dengan kualitas baik.

4.Mengembangkan Pariwisata di Solo

Gibran menyadari Solo memiliki banyak tempat wisata yang mungkin belum banyak diketahui oleh wisatawan lokal dan luar negeri. Oleh karena itu, Gibran memiliki program untuk mengembangkan pariwisata di Solo menjadi tempat yang menarik.

Beberapa tempat wisata di Solo direvitalisasi termasuk membangun tempat-tempat wisata baru di Solo, misalnya Solo Safari hingga Masjid Raya Sheikh Zayed yang bisa dijadikan tempat wisata religi banyak orang.

5. Ekonomi Solo Tumbuh

Yang tak kalah penting adalah Gibran berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang melonjak di Solo. Pada tahun 2022 pertumbuhan ekonomi di Solo melonjak naik capai 6,25 persen. Hal itu dipicu oleh banyak faktor karena roda perekonomian warga Solo terus berkembang dengan cepat.

Tentu masih banyak lagi pencapaian yang sudah diraih oleh Gibran sebagai wali kota Solo yang mungkin belum tertulis. Salah satunya adalah menjadikan Solo sebagai kota paling toleran di Indonesia.

Share
News Update
UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Take Note to Plan Your Holiday! The following is All 2025 Holiday...

The government has officially set 27 public holidays and collective leave in 2025 which are intended as guidelines for the public and ministries/institutions (K/L) and local governments (pemda) to carry out work programs...

Trending