• Wednesday, 16 October 2024

10 Tahun Jadi Presiden, Jokowi Berhasil Bangun 2433 Km Jalan Tol

10 Tahun Jadi Presiden, Jokowi Berhasil Bangun 2433 Km Jalan Tol
Presiden Jokowi akan langsung pulang ke Solo usai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10). (dok: Instagram/@jokowi)

SEAToday.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah membangun banyak infrastruktur selama 10 tahun menjadi kepala pemerintahan di Indonesia. Salah satunya adalah jalan tol di Indonesia yang tersambung mencapai 2.433 kilometer.

Keberhasilan Jokowi membangun jalan tol di banyak wilayah di Indonesia, sampai-sampai eks Gubernur DKI Jakarta ini memiliki julukan sebagai Bapak Infrastruktur. Mungkin dalam sejarah Indonesia, hanya Jokowi yang saat menjadi presiden berhasil membangun banyak proyek strategis untuk kesejahteraan rakyat.

Dalam pidatonya di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat acara CEO Forum beberapa waktu lalu, Jokowi mengatakan pencapaian yang dia capai dalam membangun jalan tol di Indonesia. “ Jalan tol sampai saat ini kira-kira 2.433 kilometer, di mana kalau kita ingat sejak tahun 1978 (Tol) Jagorawi dibangun sampai 10 tahun yang lalu itu hanya kira-kira 780 kilometer. Selama 40 tahun hanya 780 kilometer,” kata Jokowi, dilansir Antara.

Jokowi sendiri mengakui meskipun sudah membangun 2.433 kilometer jalan tol namun Indonesia masih kalah jauh dari China yang memiliki jalan tol sepanjang 48.000 kilometer. Jelang selesai menjabat sebagai presiden, Jokowi masih saja meresmikan jalan tol di Sumatera.

Pada Rabu (16/10), Jokowi meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera di bagian Sumatera Utara dan Jambi yakni Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 2 (Lima Puluh – Kisaran) di Sumatera Utara dan Jalan Tol Bayung Lencir Tempino bagian Ruas Jalan Tol Betung Jambi di Provinsi Jambi.

Menurut Jokowi dua ruas tol yang diresmikan memulai proses pembangunan sejak 2 tahun lalu dan memakan biaya tak sedikit. Diharapkan peresmian jalan tol itu bisa membantu masyarakat dalam menjalani mobilitas.

Selain jalan tol, selama jadi presiden Jokowi juga membangun 26 bandara dan 25 pelabuhan baru. “Kemudian transportasi masal karena keruwetan di Jakarta dan Jabodetabek dan mungkin Bandung kita juga telah mulai bangun,” bilang Jokowi.

Yang ia maksud adalah beroperasinya Mass Rapid Transit atau MRT yang sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu dengan rute Lebak Bulus – Bundara HI. Kini dalam tahap pembangunan rute Bundaran HI hingga ke Kota.

Termasuk Light Rail Transit atau LRT dan Kereta Cepat Jakarta – Bandung sejauh lintasan 148 kilometer. Kereta cepat Whoosh kini viral dan jadi salah satu transportasi favorit masyarakat.

 

 

Share
News Update
UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Take Note to Plan Your Holiday! The following is All 2025 Holiday...

The government has officially set 27 public holidays and collective leave in 2025 which are intended as guidelines for the public and ministries/institutions (K/L) and local governments (pemda) to carry out work programs...

Trending