• Sunday, 19 May 2024

Anabul Sakit? Bawa ke Rumah Sakit Hewan Jakarta di Ragunan yang Punya Banyak Fasilitas

Anabul Sakit? Bawa ke Rumah Sakit Hewan Jakarta di Ragunan yang Punya Banyak Fasilitas
Rumah Sakit Hewan Jakarta di Ragunan bisa didatangi ketika anabul atau hewan peliharaan sakit (Foto:Instagram @rsh.jakarta)

SEAToday.com, Jakarta – Rumah Sakit Hewan Jakarta yang berada di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan sudah menjadi tempat pilihan bagi pemilik hewan peliharaan atau anabul (anak berbulu) yang sedang sakit. Rumah sakit ini khusus merawat hewan peliharaan yang sakit.

Rumah sakit ini adalah rumah sakit hewan swasta pertama di Indonesia yang dibangun di atas tanah seluas 5575 meter persegi. Letak bangunan ini tidak jauh dari Taman Margasatwa Ragunan. Pada 28 Desember 1993 istri Presiden Soeharto, Tien Soeharto meresmikannya,

Beberapa anabul yang banyak dirawat di tempat ini antara lain anjing, kucing, burung-burung (burung beo, merak, nuri), ayam (ayam katek, ayam bekisar), bebek, angsa, orang-utan, kera dan sejenisnya, hingga hewan-hewan berukuran kecil seperti kelinci, tupai, musang, hingga marmut.

Melansir dari situs rumahsakithewanjakarta.com, terdapat banyak fasilitas yang disediakan rumah sakit ini, misalnya ruang rawat inap yang terdiri dari beberapa bagian, seperti ruang rawat inap untuk penyakit menular atau ruang isolasi, ruang rawat inap untuk penyakit tidak menular, ruang rawat inap untuk pasien hewan yang baru melahirkan dan bayi khusus ada inkubatornya, dan ruang rawat inap sementara

Tak hanya ruang rawat inap, ruang rawat jalan juga disediakan. Ruangan seperti ruang pemeriksaan, ruang tindakan, ruang pemeriksaan laboratorium, hingga ruang perawatan hewan atau salon hewan juga disiapkan di tempat ini. Terdapat Juga beberapa ruang tambahan lain semisal ruang USG, apotek, pet shop, hingga tempat peristirahatan bagi hewan yang sudah mati.

Melansir dari Antara, kesehatan hewan peliharaan sangat penting terlebih memasuki musim pancaroba karena rentan terkena penyakit, misalnya yang sering dialami kucing. Kucing kerap mengidap flu, diare, hingga muntaber pada musim pancaroba.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegah para anabul sakit di musim pancaroba, salah satunya dengan memperhatikan kebersihan tempat tinggal hingga alat makan anabul. Lingkungan tempat anabul diusahakan tetap bersih dan kering.

Namun apabila anabul sudah mengalami masalah kesehatan, sebaiknya untuk segera dibawa rumah sakit hewan Tentunya salah satu tempat yang bisa didatangi adalah Rumah Sakit Hewan Jakarta.

 

Share
Trending
Popular Post

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition W...

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition Warehouse

Japan Firms Walked Out of The Singapore-Malaysia High Speed Railw...

On Thursday (11/1), Japanese firms decided to opt out of the Malaysia-Singapore High-Speed railway project, amid the deadline for requests on January 15.

Jakarta Provincial Minimum Wage 2024 Set to IDR5.06 M

The Jakarta Provincial Government has set the Provincial Minimum Wage (UMP) for 2024 at Rp5,067,381

Bank Indonesia Revokes 3 Indonesian Coins

Bank Indonesia (BI) has revoked and withdrawn three types of rupiah bills from circulation, starting December 1, 2023.

31 Injured and 5 Sub-districts in Sumedang-Bandung Regency Affect...

At least 31 people were injured and five sub-districts were affected by a tornado that struck Sumedang-Bandung Regency, West Java, on Wednesday (2/21)

Infographic