• Wednesday, 16 October 2024

Polri Kerahkan Hampir 5 Ribu Personel Saat Pengumuman Hasil Pemilu di KPU

Polri Kerahkan Hampir 5 Ribu Personel Saat Pengumuman Hasil Pemilu di KPU
Polri Kawal Pengumuman Hasil Pemilu di KPU (Humas Polri)

SEAToday.com, Jakarta – Polri mengerahkan sekitar 4.992 personel polisi untuk mengamankan pengumuman hasil pemilu di KPU. Jumlah personel yang hampir 5 ribu tersebut akan mengamankan beberapa titik di sekitar kawasan Kantor KPU dan Bawaslu di Jakarta Pusat.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan para personel polisi yang diterjunkan terdiri dari gabungan satgas daerah Polda Metro Jaya, satgaspus pusat Mabes Polri, dan stakeholder. Para personel bersiaga untuk mengamankan sekaligus mencegah adanya oknum-oknum yang berusaha mengganggu proses pengumuman hasil pemilu di KPU.

Termasuk dengan kemungkinan adanya aksi unjuk rasa di sekitar kantor KPU atau Bawaslu, polisi sudah menyiapkan berbagai langkah antisipasi. Trunoyudo mengimbau kepada masyarakat apabila hendak menyampaikan pendapat juga mengikuti aturan-aturan yang sudah berlaku.

“Terkait dengan penyampaian atau kebebasan mengungkapkan pendapat di muka umum, tentu sudah diatur dalam peraturan undang-undangan. Artinya segala sesuatu yang mengungkapkan pendapat secara konstitusi dibolehkan, namun demikian secara hukum diatur, secara Undang-Undang diatur,” kata Turnoyudo dilansir dari situs Humas Polri.

Personel yang bertugas di lapangan menurut Trunoyudo akan menjaga koridor pengamanan agar masyarakat yang melakukan aksi unjuk rasa untuk tetap mengikuti aturan-aturan yang sudah diatur dalam Undang-Undang. Polri akan melakukan sejumlah langkah apabila aturan-aturan itu dilanggar.

Pengumuman Hasil Pemilu 2024 memang sudah ditunggu seluruh masyarakat Indonesia. KPU berusaha menyelesaikan proses rakapitulasi suara setelah 35 hari hari pencoblosan pada 14 Februari 2024 lalu. Meskipun masih menunggu hasil resmi dari KPU, namun untuk hasil pemilihan presiden rasanya sudah bisa diketahui pemenangnya.

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan yang paling banyak memperoleh suara sebanyak lebih dari 75,3 juta. Disusul pasangan nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan perolehan suara lebih dari 31,3 juta, dan peringkat tiga adalah pasangan nomor urut 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan suara lebih dari 21 juta.

Sementara untuk partai politik, sejumlah partai diprediksi lolos ke DPR periode 2024-2029, partai-partai itu adalah PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, NasDem, PKS, Demokrat dan PPP. Namun untuk lebih jelasnya KPU akan mengumumkan hasilnya pada hari ini.

 

Share
News Update
UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Take Note to Plan Your Holiday! The following is All 2025 Holiday...

The government has officially set 27 public holidays and collective leave in 2025 which are intended as guidelines for the public and ministries/institutions (K/L) and local governments (pemda) to carry out work programs...

Trending