• Friday, 18 October 2024

64 Meninggal, Ratusan Terluka akibat Topan Super Yagi Melanda Vietnam

64 Meninggal, Ratusan Terluka akibat Topan Super Yagi Melanda Vietnam
Sebuah jembatan runtuh akibat banjir yang dipicu oleh topan Yagi di provinsi Phu Tho, Vietnam pada hari Senin, 9 September 2024 (Bui Van Lanh / VNA via AP)

SEAToday.com,  Hanoi - Jumlah korban meninggal di Vietnam meningkat menjadi sedikitnya 64 orang, Senin (9/9), sementara ratusan orang lainnya terluka akibat topan super Yagi yang melanda dan menyebabkan banjir serta tanah longsor.

Media pemerintah melaporkan sembilan orang tewas, Sabtu (7/9) akibat longsor yang disebabkan oleh badai tersebut sebelum melemah menjadi depresi tropis. Sisanya meninggal dalam banjir dan longsor yang terjadi pada hari Minggu dan Senin.

Ketinggian air sejumlah sungai di Vietnam utara juga “sangat tinggi”. Sebuah bus terseret ke aliran sungai yang meluap akibat longsor di provinsi pegunungan Cao Bang pada Senin. Sementara satu jembatan di atas Sungai Merah di Phu Tho runtuh pada hari yang sama, membawa jatuh sejumlah mobil, truk, dan sepeda motor.

Topan ini juga menyebabkan kerusakan pabrik-pabrik di provinsi Haiphong dan Quang Ninh, dengan perkiraan awal yang mempengaruhi hampir 100 perusahaan, mengakibatkan kerugian jutaan dolar. Perdana Menteri Pham Minh Chinh telah menyetujui bantuan 4,62 juta dolar AS untuk membantu pemulihan kota pelabuhan tersebut.

Sebagian besar korban tewas akibat tanah longsor dan banjir bandang, ungkap laporan tersebut, dan menambahkan bahwa 752 orang terluka.

Yagi, topan paling kuat yang menghantam Vietnam utara dalam 30 tahun terakhir, meruntuhkan jembatan-jembatan, menerbangkan atap-atap bangunan dan merusak banyak pabrik setelah menghantam daratan pada hari Sabtu dengan kecepatan angin lebih dari 149 km/jam.

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending