• Friday, 18 October 2024

Rayakan 45 Tahun Hubungan Diplomatik, Dubes RI Resmikan Padepokan Pencak Silat di 6 Sekolah Kenya

Rayakan 45 Tahun Hubungan Diplomatik, Dubes RI Resmikan Padepokan Pencak Silat di 6 Sekolah Kenya
Atlet pelajar Kenya bertarung dalam Pencak Silat Ambassador's Cup 2024 yang diadakan di Woodcreek School, Kiambu County, Kenya, Sabtu (22/6/2024). (ANTARA/HO-KBRI Nairobi)

SEAToday.com, Jakarta - Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin mengatakan, turnamen Pencak Silat Ambassador's Cup 2024 yang diadakan di Woodcreek School, Kiambu County, Kenya diikuti oleh ratusan atlet pelajar Kenya.

Melansir ANTARA, Hery menyampaikan pada keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Minggu (23/6/2024) jika kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan 45 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kenya.

”Kegiatan ini tidak hanya memupuk pertukaran budaya Indonesia-Kenya, namun juga sebagai jembatan budaya dalam meningkatkan saling pengertian dan relasi orang-ke-orang pada kedua negara”, kata Hery.

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi KBRI Nairobi dengan National Federation of Pencak Silat Kenya (NFPSK) dan perusahaan produksi mie instan Indonesia di Kenya. 

Pada kegiatan tersebut, Dubes RI juga meresmikan pembukaan Padepokan Pencak Silat di enam sekolah di Kenya. 

Turnamen tersebut diikuti sebanyak 248 peserta dari berbagai sekolah Kenya dan dihadiri oleh sedikitnya 500 orang. Turnamen itu mempertandingkan beberapa kategori, mulai dari anak-anak hingga dewasa, putra, putri, demonstrasi jurus, dan sparring (one-on-one).

Dari rektor Universitas Umma, Kenya, dosen Technical University of Mombasa yang membawa delegasi peserta hingga para kepala sekolah yang siswanya menjadi peserta lomba menghadiri acara tersebut.

Direktur Asia dan Pasifik Kementerian Luar Negeri dan Diaspora Kenya menyambut baik inisiatif pelaksanaan kegiatan itu. 

KBRI Nairobi mengatakan, pihaknya memanfaatkan momentum tersebut dengan memberikan dukungan bagi kemajuan pencak silat, baik di Kenya maupun di tiga negara rangkapannya yakni Uganda, Republik Demokratik Kongo, dan Somalia.

Dukungan yang diberikan dalam bentuk pemberian seragam silat, baju pelindung dan properti silat, serta penyelenggaraan turnamen dan berbagai kegiatan lainnya.

Penulis: Halimatun Zakiah

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending