• Wednesday, 16 October 2024

KSP Moeldoko Puji Pencapaian Presiden Jokowi, 10 Tahun Memimpin Indonesia

KSP Moeldoko Puji Pencapaian Presiden Jokowi, 10 Tahun Memimpin Indonesia
Presiden Jokowi banyak melakukan pencapaian selama memerintah Indonesia (Sumber Foto: ANTARA/Andi Firdaus)

SEAToday.com, Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko memberikan pujian atas pencapaian yang sudah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama menjadi kepala pemerintahan di Indonesia.

Melansir dari situs ksp.go.id, salah satu pencapaian luar biasa yang dilakukan Jokowi adalah saat berhasil melewati tantangan ekonomi akibat hantaman pandemi COVID-19 yang berlangsung selama beberapa tahun di Indonesia.

Menurut Moeldoko yang juga mantan Panglima TNI ini, Indonesia tidak hanya bertahan selama pandemi saja tetapi mengalami kemajuan dan pembangunan yang cukup signifikan. Sementara negara-negara lain di Asia Tenggara rasanya cukup terpuruk dengan badai COVID-19 tersebut.

“Di saat pandemi kita bukan hanya menang, tapi juga membuat banyak lompatan kemajuan dan pembangunan. Saat ini Indonesia terus tumbuh dan melaju,” kata Moeldoko. Ia menambahkan salah satu faktor keberhasilan Presiden Jokowi adalah tumbuhnya sektor ekonomi yang mencapai 5,3 %.

Perkembangan ekonomi di Indonesia pasca COVID-19 adalah adanya kinerja ekspor yang kuat sehingga perekonomian menjadi stabil. “Dalam sektor fiskal juga Indonesia bisa mengembalikan deficit anggaran di bawah tiga persen dengan cepat di tahun 2022 lalu,” terang Moeldoko.

Pencapaian Jokowi yang cukup berhasil adalah melakukan lompatan dalam peningkatan nilai ekspor hasil tambang dengan kebijakan hilirisasi yang diputuskan saat mantan Gubernur DKI Jakarta itu jadi presiden. Misalnya hilirisasi nikel dan barang dari padanya yang melonjak dari angka 0,65 juta dollar Amerika Serikat naik menjadi 5,94 juta dollar Amerika Serikat.

Presiden Jokowi menurut Moeldoko juga berhasil menjalani komitmen untuk memeratakan pembangunan di seluruh Indonesia dengan memegang prinsip pembangunan Indonesia – Sentris. Jumlah desa di Indonesia yang masuk dalam kategori tertinggal mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Walaupun pemerintahan Jokowi akan selesai dan akan dilanjutkan oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, maka dipastikan Indonesia akan mengalami banyak perubahan ke arah lebih baik termasuk terus mengembangkan program-program yang sukses dilakukan Jokowi selama menjadi presiden.

 

Share
News Update
UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Take Note to Plan Your Holiday! The following is All 2025 Holiday...

The government has officially set 27 public holidays and collective leave in 2025 which are intended as guidelines for the public and ministries/institutions (K/L) and local governments (pemda) to carry out work programs...

Trending