• Wednesday, 16 October 2024

Penjelasan Awal Mula Israel Serang Lebanon

Penjelasan Awal Mula Israel Serang Lebanon
Israel serang Lebanon di kawasan utara Beirut (Foto: ANTARA/Anadolu/py)

SEAToday.com, Beirut – Militer Israel menyerang kawasan Lebanon sejak 16 September 2024. Hampir sebulan melakukan serangan, sekitar 1.000 orang lebih dinyatakan meninggal dunia. Apakah sebelumnya Israel sudah pernah menyerang Lebanon?

Catatan sejarah mengungkapkan konflik dua negara ini bermula pada tahun 1948. Kala itu ratusan ribu warga Palestina mengungsi dari tempat tinggal mereka karena Israel ingin mengambil paksa tanah Palestina.

Kondisi itu membuat banyak negara-negara lain yang tak terima dan melawan Israel, termasuk Lebanon. Lebanon adalah negara yang sudah lama mendukung kemerdekaan Palestina. Pada tahun 1948 Israel dan Lebanon pun saling melancarkan serangan meski akhirnya sempat sepakat melakukan gencatan senjata.

Pada 1968 atau 20 tahun kemudian setelah konflik pertama Israel dan Lebanon, militer Israel menghancurkan puluhan pesawat penumpang di Bandara Beirut. Tentu saja kondisi itu membuat Lebanon marah besar. Hal itu kabarnya dipicu oleh serangan gerilyawan Palestina ke Israel.

Lima tahun berselang atau pada 1973 Israel kembali menembak mati gerilyawan Palestina di Lebanon. Israel berkelit aksi militer mereka untuk balas dendam atas pembunuhan terhadap atlet Israel di Olimpiade yang berlangsung di Munich, Jerman.

Serangan Israel ke Lebanon pada tahun 1970-an semakin masif dan membuat warga setempat mencari tempat aman dengan mengungsi.

Serangan Israel pertama ke Lebanon terjadi di kawasan Byblos di utara Beirut. Meskipun serangan Israel kali ini menyasar kelompok Hizbullah, partai politik dan kekuatan paramiliter Lebanon yang didukung Iran.

Selain ingin menghancurkan Hizbullah, Israel menyerang Lebanon karena agar warga Israel di Lebanon bisa kembali ke negaranya. Menteri Pertahanan Israel, Yoav Gallant bersikukuh serangan Israel ke Lebanon sebagai antisipasi serangan Hizbullah di perbatasan Lebanon dan Israel.

Kali ini Israel seperti terpojok karena militer mereka terancam oleh beberapa kekuatan seperti Hizbullah (Lebanon), Hamas (Palestina), hingga militer Iran. Iran belum lama ini meluncurkan ratusan roket ke wilayah Israel dan membuat warga ketakutan.

 

 

Share
News Update
UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Take Note to Plan Your Holiday! The following is All 2025 Holiday...

The government has officially set 27 public holidays and collective leave in 2025 which are intended as guidelines for the public and ministries/institutions (K/L) and local governments (pemda) to carry out work programs...

Trending