• Thursday, 17 October 2024

Kadin Memanas, Presiden Jokowi Kasih Solusi Bijak Ini

Kadin Memanas, Presiden Jokowi Kasih Solusi Bijak Ini
Presiden Jokowi angkat bicara soal masalah di Kadin yang memanas (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wpa/aa)

SEAToday.com, Jakarta – Terkait organisasi Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) yang sedang memanas saat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara. Jokowi memberikan tanggapan sekaligus solusi yang bijaksana.

Diharapkan komentar Jokowi ini bisa meredam suasana di Kadin yang tengah tak kondusif dengan adanya isu dualisme dan perpecahan antara pihak Arsjad Rasjid dengan Anindya Bakrie.

Hal itu diungkap Jokowi di depan wartawan usai meresmikan Kawasan Indonesia Islamic Center di Jakarta, Selasa (17/9). Menurut Jokowi Kadin bukan organisasi politik melainkan organisasi pengusaha yang jika ada masalah harus diselesaikan dengan baik di internal Kadin.

“Jangan nanti bola panasnya disorong ke saya (presiden),” kata Jokowi dilansir Antara. Ia mengatakan selama hampir 10 tahun menjadi presiden, Jokowi cukup dekat dengan Kadin karena sering datang ke acara yang diselenggarakan organisasi tersebut.

“Dulu baik dengan Pak Suryo Bambang, baik dengan Pak Rosan Roeslani, baik juga dengan Pak Arsjad (Rasjid), baik juga dengan Pak Anin (Anindya Bakrie), baik semuanya,” tambah Jokowi.

Bahkan Jokowi siap bertemu dengan Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie dua figur penting di Kadin saat ini, selama masalah internal tak dikaitkan dengan presiden. “Siapapun mau bertemu dengan saya, saya terbuka tidak masalah tetapi sekali lagi selesaikan masalah Kadin ini di internal Kadin. Jangan menyorong bola panasnya ke Presiden itu saja,” kata Jokowi berpesan.

Masalah di Kadin bermula ketika diadakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) 2024. Munaslub diselenggarakan jika ada pelanggarakan terhadap prinsip-prinsip AD/ART dalam organisasi.

Hasil Munaslub menetapkan Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin menggantikan Arsjad Rasjid. Pihak Arsjad tentu tak terima dengan hasil tersebut, apalagi mereka merasa Munaslub 2024 tidak sah dalam proses penyelenggaraannya hingga adanya dugaan pelanggaran aturan dan ditolak oleh 21 Kadin Provinsi.

Arsjad sebenarnya masih menyisakan jabatan sebagai Ketua Umum Kadin hingga tahun 2026 namun Munaslub menetapkan posisinya digantikan oleh Anindya yang terpilih secara aklamasi.  Kabarnya Arsjad siap mengambil langkah hukum untuk menanggapi Munaslub Kadin 2024.

 

Share
News Update
UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Take Note to Plan Your Holiday! The following is All 2025 Holiday...

The government has officially set 27 public holidays and collective leave in 2025 which are intended as guidelines for the public and ministries/institutions (K/L) and local governments (pemda) to carry out work programs...

Trending