• Friday, 18 October 2024

BPOM Minta Roti Okko Ditarik dari Pasaran karena Kandungan Natrium Dehidroasetat, Apa Bahayanya untuk Tubuh?

BPOM Minta Roti Okko Ditarik dari Pasaran karena Kandungan Natrium Dehidroasetat, Apa Bahayanya untuk Tubuh?
Ilustrasi - Roti Okko ditarik dari pasaran karena mengandung zat berbahaya (Foto: Kementerian Ketenagakerjaan)

SEAToday.com, Jakarta  – Roti Okko diminta oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk ditarik dari pasaran. roti Okko disebut mengandung bahan berbahaya yakni unsur natrium dehidroasetat yang menjadi bahan tambahan pada merek roti tersebut.

Natrium dehidroasetat adalah zat kimia berdosis tinggi yang jadi bahan tambahan makanan. Ternyata jika dikonsumsi tubuh bisa memicu gangguan kesehatan seperti gejala iritasi hingga gangguan pada organ hati hingga ginjal.

Dalam keterangan resminya pada Rabu (24/7) yang dikonfirmasi oleh Biro Kerja Sama dan Humas BPOM disebutkan kandungan natrium dehidroasetat terdeteksi dalam uji laboratorium yang dilakukan terhadap sampel roti Okko. Roti Okko diproduksi oleh PT Abadi Rasa Food di Bandung.

Melansir dari Antara, setelah ada temuan tersebut maka BPOM memerintahkan produsen dalam hal ini PT Abadi Rasa Food untuk menarik produk dari peredaran, memusnahkan, dan melaporkan hasilnya kepada BPOM.

Hal itu bermula ketika BPOM melakukan inspeksi ke pabrik Roti Okko pada (2/7) lalu. Saat melakukan inspeksi BPOM menemukan jika produsen roti Okko tidak menggunakan cara produksi pangan olahan yang baik dengan benar dan konsisten.

Temuan tersebut membuat BPOM langsung melakukan pengujian di laboratorium sekaligus merekomendasi produsen untuk sementara menghentikan kegiatan produksi dan peredaran produk dari pasaran.

Dalam keterangan resmi BPM disebutkan hasil pengujian terhadap sampel roti Okko dari sarana produksi dan peredaran karena komposisi di dalamnya tak sesuai pada saat pendaftaran produk dan tidak termasuk bahan tambahan pangan yang diizinkan berdasarkan Peraturan BPOM Nomor 11 Tahun 2019 tentang Bahan Tambahan Pangan.

Menurut Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 17 Tahun 2022 disebutkan bahwa kandungan natrium dehidroasetat adalah unsur kimia yang ditambahkan dalam produk kosmetik dengan batasan takaran maksimum 0,6 persen sebagai asam.

Sebelumnya sempat viral juga ada merek roti yang diduga mengandung bahan berbahaya yakni Aoka. Namun BPOM sudah melakukan penelitian sampel roti Aoka dan disebutkan tidak ada kandungan berbahaya di dalam roti yang diproduksi oleh PT Indonesia Bakery Family, Bandung.

 

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending