• Saturday, 18 May 2024

TNI-Polri Lakukan Operasi Penindakan di Distrik Homeyo Papua

TNI-Polri Lakukan Operasi Penindakan di Distrik Homeyo Papua
Operasi Tindakan TNI-Polri terhadap OPM (Istimewa)

SEAToday.com, Jayapura - Aparat keamanan gabungan Polri dan TNI yang terdiri dari Komando Operasi TNI HABEMA beserta Satgas Naggala Damai Cartenz mengadakan operasi penindakan terhadap Organisasi Papua Merdkea (OPM) di Distrik Homeyo, Jumat (3/5/2024).

"Operasi Penindakan tegas terhadap OPM di wilayah Distrik Homeyo merupakan upaya menciptakan keamanan wilayah yang akan mendukung semua proses percepatan pembangunan Papua," ucap Panglima Kogabwilhan III, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, pasca operasi penindakan.

Dikutip dari rilis resmi, operasi tersebut digelar setelah serangan OPM ke wilayah tersebut. OPM dikabarkan menyerang Polsek Homeyo yang mengakibatkan remaja bernama Alexsander Parapak meninggal dunia.

Tak hanya itu, serangan juga dilanjutkan dengan aksi pembakaran bangunan SD Inpres Pogapa pada Rabu (1/5) dan upaya penyerangan terhadap Koramil 1705-05/Homeyo pada Kamis (2/5).                                                                                                 

Akibat aksi gangguan bersenjata dan pembakaran yang dilakukan oleh OPM tersebut juga melumpuhkan aktivitas masyarakat setempat.

Namun demikian, aparat keamanan TNI Polri telah berhasil melancarkan operasi penindakan terhadap serangan itu. Hasil yang didapatkan dari operasi tersebut adalah berangsur-angsur pulihnya situasi keamanan wilayah Distrik Homeyo dari aksi-aksi sporadis OPM.

 

 

Share
Trending
Popular Post

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition W...

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition Warehouse

Japan Firms Walked Out of The Singapore-Malaysia High Speed Railw...

On Thursday (11/1), Japanese firms decided to opt out of the Malaysia-Singapore High-Speed railway project, amid the deadline for requests on January 15.

Jakarta Provincial Minimum Wage 2024 Set to IDR5.06 M

The Jakarta Provincial Government has set the Provincial Minimum Wage (UMP) for 2024 at Rp5,067,381

Bank Indonesia Revokes 3 Indonesian Coins

Bank Indonesia (BI) has revoked and withdrawn three types of rupiah bills from circulation, starting December 1, 2023.

31 Injured and 5 Sub-districts in Sumedang-Bandung Regency Affect...

At least 31 people were injured and five sub-districts were affected by a tornado that struck Sumedang-Bandung Regency, West Java, on Wednesday (2/21)

Infographic