• Friday, 18 October 2024

RI Resmi Kirim Bantuan ke Mesir dan Sudan Masing-masing Rp15 Miliar

RI Resmi Kirim Bantuan ke Mesir dan Sudan Masing-masing Rp15 Miliar
Ilustrasi bantuan (Shutterstock)

SEAToday.com, Jakarta - Indonesia memberi bantuan kemanusiaan ke Sudan dan Mesir yang menampung lebih dari 1,5 juta pengungsi Palestina. Berdasarkan arahan Presiden Jokowi, total nilai bantuan untuk masing-masing negara sebesar USD1 juta atau Rp15 miliar dan dikirim pada Rabu (3/4).

Dilaporkan dari Antara News, setidaknya ada lima kontainer yang telah diterbangkan pagi ini berisi bantuan obat-obatan, peralatan medis, antibakteri, dan makanan nutrisi.

Bantuan tersebut diantar menggunakan pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900neo dan diperkirakan akan tiba pada Kamis (4/4).

Pemberian bantuan bermula saat Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menerima nota diplomatik dari Mesir dan Sudan tentang permohonan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi dan masyarakat di sana yang terdampak konflik dan wabah penyakit.

Pemerintah Mesir mengirimkan daftar permohonan bantuan berupa beberapa jenis barang yang sangat dibutuhkan di pengungsian. Begitupun dengan Pemerintah Sudan yang sedang menghadapi konflik internal dan mewabahnya penyakit kolera.

Pengiriman ke Kairo Mesir  dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Sementara untuk delegasi ke Port of Sudan, akan dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto.

Penulis: Annisa Salsabilla

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending