• Sunday, 06 October 2024

Netanyahu: Kantor Al Jazeera di Israel Akan Ditutup

Netanyahu: Kantor Al Jazeera di Israel Akan Ditutup
PM Israel kena hernia dan dioperasi Minggu (31/3). (Reuters)

SEAToday.com, Tel Aviv - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengungkap akan menutup kantor lokal Al Jazeera dan beberapa media lainnya dalam rangka implementasi Undang-Undang yang baru disahkan.

Parlemen Israel mengesahkan Undang-Undang yang menyebutkan media berita asing sebagai salah satu hal yang mengancam keamanan nasional Israel, sehingga media-media tersebut dapat dilarang beroperasi dalam 45 hari ke depan. Pihaknya juga mengatakan Undang-Undang akan berlaku mulai Juli 2024 hingga konflik dengan Gaza berakhir.

“...The terrorist channel Al Jazeera will no longer broadcast from Israel. I intend to act immediately in accordance with the new law to stop the channel’s activity…” tulis Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di X melalui akun pribadinya.

".. kanal teroris Al Jazeera tidak akan lagi mengudara dari Israel. Saya ingin bertindak secepatnya sesuai dengan peraturan baru untuk menghentikan aktivitas kanal ini,"

Pemerintahan Israel secara terbuka juga menuduh Al Jazeera sebagai bagian dari kelompok anti-Israel. Salah satunya dengan menuduh media tersebut memiliki hubungan dengan Hamas. Bukan hanya Al Jazeera, media Lebanon Al Mayadeen juga sebelumnya telah dilarang untuk beroperasi di Israel.

Al Jazeera menanggapi implementasi Undang-Undang ini dengan mengatakan Netanyahu tidak dapat menjelaskan berbagai serangan terhadap Al Jazeera dan rekan-rekan pers kecuali dengan menyajikan kebohongan atau fitnah yang sifatnya menghasut dan akan merugikan bagi staf-staf media.

Amerika Serikat, sebagai salah satu mitra utama Israel, melalui Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan tindakan Israel sebagai satu hal yang mengkhawatirkan.

Penulis: Kalila Untsa

Share
News Update
Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

47 Tigers in Vietnam Zoos Die from Bird Flu

On Wednesday (2/10), state media said that 47 tigers, three lions and a panther have died in zoos in south Vietnam due to the H5N1 bird flu virus.

MotoGP Mandalika 2024: InJourney Records Over 120,000 Attendees

The Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 held at the Pertamina Mandalika International Circuit recorded more than 120,000 visitors.

Trending