• Sunday, 06 October 2024

Pidato Presiden Jokowi di HUT TNI ke-79 Tahun: Terima Kasih untuk Loyalitas, Pengabdian kepada Rakyat, Bangsa, dan Negara

Pidato Presiden Jokowi di HUT TNI ke-79 Tahun: Terima Kasih untuk Loyalitas, Pengabdian kepada Rakyat, Bangsa, dan Negara
Presiden Jokowi sata baca pidato di HUT TNI ke-79 Tahun (Foto: Tangkapan Layar YouTube SEA Today News)

SEAToday.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membaca pidato di HUT TNI ke-79 Tahun yang berlangsung di Lapangan Silang Monas, Sabtu (5/10).

Dalam awal pidatonya, Presiden Jokowi mengucapkan selamat atas hari ulang tahun TNI yang ke-79 tahun. Jokowi mengucapkan terima kasih atas loyalitas, pengabdian yang sudah dilakukan seluruh keluarga besar TNI untuk rakyat, bangsa, dan negara.

“10 tahun jadi presiden saya merasakan betul peran TNI, kontribusi TNI dalam menjaga kedaulatan negara, dalam menjaga persatuan, stabilitas politik, dan membantu mengatasi tantangan dan krisis,” kata Jokowi.

Jokowi secara khusus juga menyampaikan terima kasihnya kepada Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto yang sudah bekerja selama 5 tahun dalam peningkatan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi tantangan, modernisasi alutsista, hingga mendorong kekuatan pertahanan, dan masih banyak lagi.

Jokowi berpesan kepada semua keluarga besar TNI untuk menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan ke depan yang cukup kompleks. “Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ancaman cyber yang berbahaya, tensi geopolitik yang memanas, belum lagi perang konvensional, hingga perang ekonomi dan perdagangan, semua disikapi dengan kewaspadaan,” pesan Jokowi.

Menurut Jokowi TNI harus mampu memperbaiki diri, mengikuti perkembangan zaman, beradaptasi dengan perubahan, termasuk peningkatan kapasitas dalam profesionalitas hingga berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti institusi penegak hukum, perguruan tinggi, serta pelaku industri.

Jokowi juga mengingatkan dalam waktu dekat akan ada transisi kepemimpinan termasuk pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Jokowi meminta agar TNI menjaga stabilitas, dukung adanya transisi kepemimpinan agar semua berjalan dengan baik. “Jangan ada potensi gangguan keamanan negara,” tegas Jokowi.

Termasuk pelaksanaan Pilkada 2024 yang dilakukan serentak di Indonesia. TNI diminta menjaga suasana agar kondusif dan tetap netral dalam Pilkada 2024. “Terima kasih keluarga besar TNI sudah mendukung presiden selama 10 tahun ini,” pungkas Jokowi.

 

Share
News Update
Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

47 Tigers in Vietnam Zoos Die from Bird Flu

On Wednesday (2/10), state media said that 47 tigers, three lions and a panther have died in zoos in south Vietnam due to the H5N1 bird flu virus.

MotoGP Mandalika 2024: InJourney Records Over 120,000 Attendees

The Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 held at the Pertamina Mandalika International Circuit recorded more than 120,000 visitors.

Trending