• Friday, 18 October 2024

Desain Kantor Pusat Bank Indonesia di IKN Menyerupai Garuda, Punya Makna yang Dalam

Desain Kantor Pusat Bank Indonesia di IKN Menyerupai Garuda, Punya Makna yang Dalam
Desain kantor pusat Bank Indonesia di IKN memiliki desain menyerupai garuda (Foto: Sekretariat Kabinet)

SEAToday.com, Penajam Paser Utara – Pada bulan November 2023 lalu groundbreaking kantor Bank Indonesia (BI) di Ibu Kota Nusantara (IKN) dimulai. Proses pembangunan kantor BI di IKN sebagai bukti pemerintah menunjukkan kesungguhan, komitmen, dan kesiapan dalam membangun IKN berkelas dunia.

Dalam keterangannya pada waktu acara groundbreaking, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan keberadaan kantor BI di Indonesia dapat meningkatkan kepercayaan dunia untuk melakukan invesitas di IKN dan siap mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di IKN.

Kepindahan kantor pusat BI ke IKN sudah diatur dalam UU No. 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara dan Peraturan Presiden No. 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara yang mengatur BI merupakan lembaga negara independen yang diamanatkan untuk berpindah kedudukan serta menjalankan tugas, fungsi, dan peran di IKN.

Proses pembangunan kantor BI di IKN akan dilakukan bertahap yang diselaraskan dengan infrasturktur di IKN. Konsep pembangunan menggunakan smart and green dan serba digital agar sesuai dengan IKN.

Kantor BI di IKN berdiri di atas lahan seluas 7,3 hektar. Desain kantor cukup unik karena menyerupai burung garuda. Tentu bukan tanpa alasan desain yang dipilih menyerupai garuda. Beberapa makna atau filosofi kenapa memilih desain berbentuk garuda.

Bangunan berbentuk kepala garuda yang terdiri dari lima lantai menunjukkan Pancasila dengan lima sila di dalamnya. Bangunan sayap menjadi kawasan kantor akan dibangun tujuh lantai merepresentasikan nilai pokok kepemimpinan BI. Dan, bangunan lain pada sayap menggambarkan sinergi BI dengan pemerintah, perbankan, dan bisnis.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan kantor pusat BI akan pindah ke IKN pada Agustus 2024.Diharapkan setelah 17 Agustus 2024, aktivitas perkantoran di BI sudah mulai beroperasi di IKN.

Jika kantor pusat BI pindah ke IKN maka kantor di Jakarta akan menjadi kantor operasional untuk urusan pembayaran, cadangan devisa, dan sektor keuangan

. “Itu kantor pusatnya, tapi tentu saja operasinya ya kan Bank Indonesia punya cabang di seluruh Indonesia, tentu saja Jakarta akan tetap menjadi suatu pusat kegiatan karena operasional sebagian besar pembayaran, moneter, cadangan devisa sektor keuangan ada di Jakarta,” ujar Perry dilansir Antara.

 

 

Share
News Update
11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

11 Females Figures List to Join Prabowo's Cabinet

UN: Israel Denies 85 Pct. Aid Movement to Northern Gaza

The UN warned that conditions in Northern Gaza had reached “catastrophic” as the Israeli military is “severely compromising people’s access to means of survival”, Tuesday (10/15).

UNICEF: Israeli Attack on Gaza Hospital's Refugee Camps Shocks th...

The United Nations Children's Fund (UNICEF) condemns Israel's attack on refugee tents on the grounds of the Al Aqsa Martyrs Hospital in the Gaza Strip on Sunday (10/13), as a world-shaking tragedy.

KSP Moeldoko Praises President Jokowi’s Achievements During 10 Ye...

Indonesian Presidential Chief of Staff (KSP) General (Ret.) Moeldoko praised the achievements of President Joko “Jokowi” Widodo.

WHO: 72 Patients, Medical Staff Killed in Israeli Attack in Leban...

The World Health Organization (WHO) on Wednesday (10/16) released a statement saying that 72 medical workers and patients have been killed and 43 others injured by Israeli attacks in Lebanon.

Trending