• Wednesday, 22 May 2024

Hari Buruh 1 Mei, Ini Tuntutan Saat Aksi Damai Berlangsung

Hari Buruh 1 Mei, Ini Tuntutan Saat Aksi Damai Berlangsung
Ratusan buruh unjuk rasa di depan Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo, jawa Timur. Rabu (1/4/2024) ANTARA/Novi Husdinariyanto

SEAToday.com, Jakarta – Konferensi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia atau KSPSI mengadakan aksi damai di Jakarta tepat pada Hari Buruh, Rabu 1 Mei 2024.

Menurut Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea aksi damai akan diikuti sekitar 50 ribu buruh yang tergabung dalam serikat buruh di kawasan Jabodetabek, Banten, hingga Bandung Raya.

Titik lokasi aksi damai buruh sudah ditentukan. Aksi ini akan dimulai pukul 10.00 WIB di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Pukul 13.00 WIB buruh akan bergerak ke Stadion Madya Gelora Bung Karno untuk perayaan Hari Buruh.

Tentu saja para buruh tak sekedar meneriakkan orasi saat aksi damai, mereka memiliki beberapa tuntutan yang menjadi agenda penting di perayaan Hari Buruh tahun 2024 ini.

Tuntutan tersebut antara lain pemerintah diminta untuk mencabut Omnibus Law klaster ketenagakerjaan, penolakan pembayaran upah murah, perlindungan buruh migran, menolak aturan Outsourching, hingga dibentuknya unit khusus yang membantu soal pidana ketenagakerjaan.

Sementara itu ribuan buruh dari kawasan Kabupaten Tangerang dan sekitarnya sudah berangkat menuju Jakarta sejak pagi hari. Melansir dari Antara, Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) KSPSI Kabupaten Tangerang Ahmad Supriadi berharap Hari Buruh 2024 menjadi momentum pihaknya untuk terus memperjuangkan berbagai hak dan memperjuangkan kesejahteraan buruh di seluruh Indonesia.

Sekitar 3.000 buruh dari Tangerang siap meramaikan Hari Buruh di Jakarta. Kami berkumpul di Citra Raya, Cikupa, Kabupaten Tangerang pada pukul 07.30 WIB, dengan massa sekitar 3.000 orang..

Terkait puluhan ribu buruh akan melakukan aksi damai di Jakarta, Polda Metro Jaya sudah menyiapkan pengalaman dengan mengerahkan 3.454 personel dalam pengamanan Hari Buruh di Jakarta.

"Ada 3.454 personel gabungan Polda Metro Jaya, Polres jajaran, Kodam Jaya dan Pemprov DKI yang siap mengamankan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum dan juga kegiatan perayaan Hari Buruh," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat ditemui di wartawan.

Ade Ary menjelaskan pihaknya bakal mengedepankan langkah humanis saat melakukan pengamanan, misalnya anggota tidak akan membawa senjata api dalam mengamankan aksi damai para buruh.

Share
Trending
Popular Post

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition W...

Explosion Occurs in Bekasi Field Artillery Battalion Ammunition Warehouse

Japan Firms Walked Out of The Singapore-Malaysia High Speed Railw...

On Thursday (11/1), Japanese firms decided to opt out of the Malaysia-Singapore High-Speed railway project, amid the deadline for requests on January 15.

Jakarta Provincial Minimum Wage 2024 Set to IDR5.06 M

The Jakarta Provincial Government has set the Provincial Minimum Wage (UMP) for 2024 at Rp5,067,381

Bank Indonesia Revokes 3 Indonesian Coins

Bank Indonesia (BI) has revoked and withdrawn three types of rupiah bills from circulation, starting December 1, 2023.

31 Injured and 5 Sub-districts in Sumedang-Bandung Regency Affect...

At least 31 people were injured and five sub-districts were affected by a tornado that struck Sumedang-Bandung Regency, West Java, on Wednesday (2/21)

Infographic