• Sunday, 06 October 2024

Jelang Pilkada DKI Jakarta, 5 Sosok yang Berpotensi Jadi Calon Gubernur

Jelang Pilkada DKI Jakarta, 5 Sosok yang Berpotensi Jadi Calon Gubernur
Beberapa Nama yang Berpotensi Maju Jadi Calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 (Instagram @ahmadsahroni88)

SEAToday.com, Jakarta-Setelah Pemilu 2024 di banyak daerah di Indonesia akan digelar Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada. Termasuk DKI Jakarta yang akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur. Beberapa calon berpotensi akan maju pada Pilkada DKI Jakarta mendatang.

Kemungkinan akan ada beberapa pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan mengikuti konstelasi Pilkada 2024 nanti. Sebab tidak ada satu partai yang dapat mengusung calon kepala daerah sendiri karena tidak ada yang mencapai 20 % kursi.

Beberapa partai mulai mengatur strategi untuk membuka komunikasi dengan partai lain membentuk koalisi. Sejumlah nama-nama potensial akan menjadi calon gubernur DKI Jakarta. Berikut 5 sosok yang diprediksi bisa mendapat tiket untuk bertarung pada Pilkada 2024 mendatang.

1. Ahmad Sahroni

Ahmad Sahroni namanya mulai populer sebagai cagub DKI Jakarta. Pria yang dijuluki crazy rich Tanjung Priok ini sudah mengenal seluk-beluk DKI Jakarta. Sahroni saat ini menjadi pimpinan Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai NasDem. Sahroni juga menjabat sebagai Bendahara Umum Partai NasDem.

Sahroni pernah mengungkapkan jika ia maju sebagai cagub DKI Jakarta perjuangannya akan lebih mudah karena dia sejak lahir dan besar di DKI Jakarta sehingga mengetahui masalah-masalah yang ada di DKI Jakarta.

2. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil disebut menjadi calon potensial untuk bisa jadi DKI 1. Emil sapaan Ridwan, memiliki jam terbang menjadi kepala daerah. Pernah jadi Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat. Politisi dari Partai Golkar ini dianggap layak menjadi calon  gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024 mendatang.

Apalagi elektabilitas Emil cukup tinggi. Namanya juga pernah digadang-gadang jadi calon wakil presiden pada pilpres 2024 lalu. Beberapa waktu lalu viral baliho bergambar Emil yang menjadi tanda dia akan jadi cagub DKI Jakarta. Baliho itu bertuliskan Emil sedang dalam perjalanan ke Jakarta. “OTW Jakarta Nihh,” tulis Emil.

Namun Emil dikabarkan masih bimbang apakah akan maju menjadi calon gubernur di DKI Jakarta atau bertarung lagi di Pilkada Jawa Barat sebagai Gubernur karena baru satu periode menjabat.

3. Kaesang Pangarep

Putra Presiden Joko Widodo sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diduga akan mencalonkan diri sebagai cagub DKI Jakarta. Isu ini sudah lama berembus ketika Kaesang sering blusukan ke beberapa daerah di DKI Jakarta.

Kaesang memang sudah membantah bahwa ia akan maju menjadi cagub DKI Jakarta. Apalagi usia Kaesang belum genap 30 tahun, mengingat batas usia minimal calon kepala daerah adalah 30 tahun.

4. Ahmed Zaki Iskandar

Ahmed Zaki Iskandar adalah politisi dari Partai Golkar. Ia memiliki pengalaman sebagai Bupati Kabupaten Tangerang selama dua periode dan menjadi anggota DPR RI. Namun Zaki dan Ridwan Kamil sama-sama berasal dari Partai Golkar.

5. Anies Baswedan

Nama Anies Baswedan juga disebut-sebut layak maju jadi cagub DKI Jakarta. Sebab popularitas dan elektabilitas Anies sangat tinggi di DKI Jakarta sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta 2017-2022. Tapi belum diketahui apakah Anies akan kembali maju dalam Pilkada DKI Jakarta mendatang.

Dikutip dari Detikcom, Juru Bicara Anies, Billy David Nerotumilena mengatakan jika capres nomor urut 01 itu masih fokus untuk menunggu hasil Pilpres dan proses di Mahkamah Konstitusi.  “Pak Anies tetap dalam sikap mematuhi semua proses pilpres. Sebelum penetapan hasil resmi KPU dan sebelum semua langkah konstitusional yang akan diambil, kami memilih tidak mau berspekulasi dulu,” ujar Billy.

Share
News Update
Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Indonesia National Armed Forces Array of Military Equipment Showcased Today

Singapore’s High Court Sentenced Its Former Transport Minister Af...

On October 3, Singapore’s former Transport Minister, Iswaran, was sentenced to one year in jail after pleading guilty to obtaining valuable gifts as a public servant.

List of 27 Indonesian National Team Players to Face Bahrain and C...

Indonesian senior national team coach Shin Tae-yong has announced 27 players for the two matches in round three of the 2026 World Cup qualifying round.

47 Tigers in Vietnam Zoos Die from Bird Flu

On Wednesday (2/10), state media said that 47 tigers, three lions and a panther have died in zoos in south Vietnam due to the H5N1 bird flu virus.

MotoGP Mandalika 2024: InJourney Records Over 120,000 Attendees

The Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 held at the Pertamina Mandalika International Circuit recorded more than 120,000 visitors.

Trending